Cibubur > Laporan Utama

Warga Tanyakan Kelanjutan Pembangunan Waduk Pondok Ranggon

Rabu, 11 Januari 2017 11:25 WIB
Editor : Andi MZ | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Waduk Pondok Ranggon
Waduk Pondok Ranggon

Share this





Warga mempertanyakan kelanjutan pembangunan Waduk Pondok Ranggon yang terhenti 2 tahun lalu.

CIPAYUNG- Waduk Pondok Ranggon yang berada di Jalan SDN Lama RT 02 RW 01 belum bisa difungsikan karena pembangunannya terhenti. Waduk itu dibangun pada tahun 2014. Namun belum kelar, pembangunan waduk itu berhenti sampai sakarang.

Pantauan infonitas.com, Selasa (10/1/2017), area waduk seluas 14 hektare tersebut ditumbuhi rumput liar. Sejumlah warga mempertanyakan terhentinya pembangunan tersebut. "Waktu Pak Jokowi Gubernur DKI, waduk ini selalu digembar-gemborkan, tapi sekarang malah gak dibangun," ujar Mamat Ketua RT 02 RW 01 Pondok Ranggon.

Mamat mengatakan akibat berhentinya pembangunan waduk tersebut, warga memanfaatkan sebagian lahan tersebut sebagai tempat bercocok tanam. “Warga sini pada nanem singkong, ubi, kangkung, dan lain-lani,” katanya, Selasa (10/1/2017).

Sementara itu, Ainur Rofiq, warga lainnya, berharap pembangunan Waduk Pondok Ranggon bisa segera dilanjutkan. "Ini udah setengah jadi ya harus dilanjutkan, dan ini juga pasti udah abisin anggaran banyak," kata Ainur Rofiq (29) warga RW 01 Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

 

 







Cibubur > Laporan Utama

Waduk Pondok Ranggon Terkendala Pembebasan Lahan

Rabu, 03 Februari 2016 18:57 WIB
Editor : Denny | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Lahan yang akan dijadikan Waduk Pondok Ranggon
Lahan yang akan dijadikan Waduk Pondok Ranggon

Share this





Pihak kelurahan mengaku tidak akan mencampuri status jual beli antara pihak Sudin Tata Air dan warga yang terkena proyek waduk Pondok Ranggon.

CIPAYUNG - Rencana pembangunan Waduk Pondok Ranggon yang berada di Jalan SDN Lama, Kelurahan Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, hingga awal tahun 2016 belum juga dimulai. Padahal pihak Sudin Tata Air Jaktim sudah mulai melakukan inventarisasi pemilik lahan yang akan dibebaskan sejak dua tahun yang lalu.

Menanggapi hal ini, Lurah Pondok Ranggon Mahpuz MZ mengatakan, terbengkalainya proyek pembangunan dua waduk ini terganjal beberapa kendala, di antaranya adalah masalah administrasi serta pembebasan lahan milik warga.

"Setahun ini, pembangunan fisiknya diberhentikan karena sedang mengurusi pembebasan lahan warga yang terkena proyek waduk tersebut," ujar Mahpuz, Rabu (3/2/2016).

Mahpuz menambahkan, pihak Sudin Tata Air Jakarta Timur tengah berusaha untuk membebaskan lahan-lahan warga yang masuk ke dalam proyek pembangunan Waduk Pondok Ranggon. "Akhir tahun kemarin sudah ada dua lahan warga yang dibebaskan dengan jumlah sekitar 7.400 meter persegi," ungkapnya.

Saat ditanya mengenai masalah nilai NJOP lahan milik warga, Mahpuz mengaku tidak ingin mencampuri urusan tersebut karena bukan kewenangannya. "Itu kan hubungan jual beli antara pemilik lahan dengan Sudin Tata Air Jaktim, sementara kami sebatas mengurus surat-surat keterangan warga saja,” pungkasnya.

Rencananya, pembangunan waduk Pondok Ranggon ini akan didirikan sebanyak 2 waduk yang dilengkapi dengan arena bermain untuk anak serta taman dan trek jogging.







Cibubur > Laporan Utama

Proyek Waduk Pondok Ranggon Mangkrak, Kondisinya Memprihatinkan

Rabu, 03 Februari 2016 15:58 WIB
Editor : Denny | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Pembangunan Waduk Pondok Ranggon yang mangkrak
Pembangunan Waduk Pondok Ranggon yang mangkrak

Share this





Mangkraknya pembangunan Waduk Pondok Ranggon sudah sejak dua tahun silam adalah karena kendala pembebasan lahan.

CIPAYUNG - Mangkraknya pembangunan Waduk Pondok Rangon, Cipayung, Jakarta Timur, membuat lahannya tak terurus dan memprihatinkan. Pasalnya, kondisi lahan yang akan dijadikan waduk sudah dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan liar dan airnya sudah mulai mengering.

Warga sekitar pun mempertanyakan kondisi serta kelanjutan pembangunan waduk Pondok Ranggon. Sadelli (43), warga Jl. SDN Lama RT 02/01 Pondok Ranggon, Jakarta Timur, sangat menyayangkan mangkraknya pembangunan Waduk Pondok Ranggon.

"Sangat disayangkan aja sih kalau nggak dilanjutin. Sudah terlanjur digali begini kan, terus jadi tak terurus," ujar Sadelli saat ditemui oleh infonitas.com, di lokasi, Rabu (3/1/2016).

Warga lainnya, Faiq (38), mengungkapkan bahwa sudah hampir dua tahun proses pembangunan waduk Pondok Rangon mangkrak. Akibatnya kondisi lahannya tidak terawat dan dijadikan lahan bercocok tanam bagi warga.

"Sama warga sekitar dimanfaatin aja untuk tanam tumbuhan seperti singkong, ubi, dan sejenisnya. Ada juga yang mancing dan buat makan kerbau," ujarnya.

Sementara itu, menurut Mamat selaku ketua RT 02/01 Pondok Ranggon, pembangunan waduk ini terhenti karena masih terkendala pembebasan lahan. Di antaranya adalah belum ada kesepakatan antara pemilik lahan dengan pemerintah.

"Mungkin masih ada warga yang belum menemui kata sepakat soal NJOP itu," ujar Mamat.

Warga sekitar berharap kepada Pemprov DKI supaya proses pembangunan waduk yang sudah mangkrak selama dua tahun ini agar segera dilanjutkan. Pasalnya selain pembangunan waduk, warga juga menantikan sarana rekreasi di sekitar waduk seperti trek jogging dan taman bermain untuk anak-anak.