Cibubur > Laporan Utama

Teror Bom Gereja, Polisi Himbau Warga Jangan Resah

Selasa, 15 Mei 2018 17:47 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Yoyon Tony Suryaputra
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Yoyon Tony Suryaputra
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Polisi berharap masyarakat tidak resah akan teror bom gereja yang tengah meresahkan warga.

CIBUBUR - Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Yoyon Tony Suryaputra menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan suasana yang aman.

Usai kejadian teror bom bunuh diri di Surabaya yang meresahkan masyarakat, diharapkan seluruh pihak bersedia menciptakan suasana yang sejuk.

“Mari kita sama-sama ciptakan suasana sejuk, aman. Tidak hanya polisi, elemen masyarakat juga harus melakukan,” pungkas di Mapolres Jakarta Timur pada Selasa (15/5).

Dihadapan wartawan, Tony menegaskan bahwa pihaknya telah berhasil menangkap pelaku penyebaran kabar hoaks tentang bom di Gereja Santa Anna, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (14/5). Pelaku berhasil ditangkap di kediamannya di daerah Tambun, Bekasi.

Disampaikan Tony bahwa pelaku mengaku tak punya maksud tertentu saat menebar teror. Dirinya melakukannya karena iseng.

“Dia (pelaku) sering di sana, sehingga tahu areanya. Motifnya iseng, mungkin dia senang kalau lihat orang resah,” ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Yoyon Tony Suryaputra, di Mapolres Jakarta Timur, Selasa (15/5).

Akibat dari ulah pelaku yang diketahui berinisial MIA (25), yang menebar teror hingga membuat masyarakat resah, pelaku terancam pasal berlapis yakni Pasal 45B Jo Pasal 29 UU RI Nomor 29 Tahun 2009 tentang perubahan atas undang-undang no. 11 tahun 2008 tentang ITE ancaman hukuman 4 tahun dan Pasal 6 atau pasal 7 perpu nomor 1 tahun 2002 tentang pemberantas tindak terorisme dengan ancaman hukuman 20 tahun penjaran atau seumur hidup.

“Ini adalah bentuk teror karena dengan adanya telepon tersebut membuat keresahan, membuat panik petugas (kepolisian) maupun masyarakat,” tandasnya.