Cibubur > Laporan Utama

Tampil Cantik, Ini Perawatan Wajib Dilakukan Kaum Hawa

Senin, 09 Oktober 2017 17:35 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Kompas.com

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Saat melakukan perawatan agar mendapatkan kulit terawat, paling tidak kita mengetahui tiga langkah yang tidak boleh dilewatkan setiap hari.

CIBUBUR - Memiliki kulit muka yang putih, bersih dan senantiasa terawat menjadi idaman kaum hawa. Berbagai perawatan dilakukan dengan pergi ke salon kecantikan atau melakukan di rumah.

Saat melakukan perawatan agar mendapatkan kulit terawat, paling tidak kita mengetahui tiga langkah yang tidak boleh dilewatkan setiap hari.

1.     Pembersihan

Seperti halnya memilih produk perawatan kulit lainnya, pembersih wajah juga harus disesuaikan dengan jenis kulit.

 "Kulit kita sangat dinamis, jadi satu jenis produk itu terus belum tentu cocok," kata dr.Sari Chairunnisa, Sp.KK, seperti melansir Kompas.com, Senin (9/10).

Salah satu cara mudah mengetahui jenis kulit kata dia adalah melihat kondisi wajah di pagi hari, saat bangun tidur.

Menurutnya, saat ini ada banyak produk pembersih wajah, mulai dari yang sederhana seperti sabun wajah, susu pembersih, sampai yang lebih modern seperti micellar water.

 "Apa pun jenisnya, patokannya tetap tipe kulit kita apa," ujarnya.

2.     Perawatan

Pada tahapan kedua, tujuannya adalah melembabkan dan menutrisi kulit. "Kulit kita ibarat tembok rumah. Kelembaban wajah ibarat semen yang akan merekatkan nutrisinya," kata Sari.

Dengan demikian, kulit harus selalu dijaga kelembabannya agar nutrisi yang diberikan lewat berbagai produk krim atau serum bisa bekerja maksimal.

Proses penuaan kulit sebenarnya dimulai sejak usia 25 tahun. Di usia ini, justru seharusnya kita harus lebih intens merawat kulit.

"Ditambah lagi regime perawatannya. Kasih kulit nutrisi lebih di malam hari, termasuk juga essence untuk mem-boosting efek serum yang kita pakai," paparnya.

3.     Perlindungan

Pada langkah ini, kita wajib memberi perlindungan kulit dari sinar matahari dengan tabir surya. Pilihlah produk tabir surya yang terpisah atau disatukan dengan produk kosmetik.

"Untuk kulit orang Asia, rekomendasinya adalah memiliki SPF 30 dan PA," tandasnya.