Selasa, 17 Oktober 2017 21:14:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : DBS
Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)
Foto : istimewa
 

CIBUBUR – Memiliki perut buncit tentu tidak akan indah diliat bukan ? Khususnya bagi kaum hawa yang begitu memperhatikan penampilan fisik. Tak sampai disitu, perut buncit juga menyulitkan wanita dalam memilih pakaian yang dikenakan.  

Salah satu cara menghilangkan lemak di perut adalah dengan berolahraga secara teratur. Ladies, tidak perlu pergi ke pusat kebugaran untuk mendapatkan perut sixpack seperti model. Cukup lakukan latihan otot perut di rumah. Penasaran apa saja latiannya. Yuk intip dibawah ini :

1.   Plank

Latihan ini dapat menarik otot perut, otot kaki dan lengan. Tak hanya itu, latihan plank juga dapat melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh.

Bagaimana cara melakukannya ? gerakan plank sangat sederhana, ladies hanya perlu meluruskan tubuh dalam posisi tengkurap dan tahan tubuh dengan jari kaki dan juga lengan dalam kurun waktu yang ditentukan.

Lakukan 30-60 detik untuk awal. Jika tak bisa, lakukan sekuat mungkin. Ulangi gerakan ini hingga 4-5 kali. Idealnya latihan gerakan ini hanya membutuhkan waktu 3-5 menit setiap hari.

2.   Sit up

Ladies pasti sudah mengetahui latihan sit up bukan? Meski belum tentu melakukan gerakan sit-up yang benar. Ya, latihan sit up dapat menekan otot perut secara efektif dan bagus untuk membentuk otot perut.

Sebagai langkah pertama, tekuk lutut dengan bola kaki dan tumit ditempatkan rata dengan tanah. Setelah itu, letakkan tangan di atas bahu yang berlawanan sehingga kedua lengan bersilangan di atas dada.

Langkah selanjutnya, kencangkan otot perut secara lembut dengan menarik pusar ke arah tulang belakang. Lalu, angkat perlahan terlebih dahulu kepala dan diikuti tulang belikat. Pada posisi ini, fokuskan mata pada lutut yang ditekuk sambil mengontraksi otot-otot perut. Tarik tubuh dari lantai hingga mencapai sudut 90 derajat.

Lakukan latihan ini 10-30 kali dalam 30 detik setiap hari. Jika ladies tidak mampu, maka dapat melakukan variasi sit up dengan cara menarik kaki hingga perut dan kembali ke posisi semula seperti sedang mengayuh sepeda.

3.    Angkat bokong

Latihan selanjutnya untuk dapat membentuk otot perut adalah dengan gerakan mengangkat bokong. Gerakan ini cukup mudah dilakukan yakni dengan berbaring di lantai dan angkatlah bokong ke atas.

Saat melakukan gerakan ini, jaga tangan di samping tubuh untuk menahan bokong. Tarik otot perut dan bokong sambil menahan nafas, hembuskan nafas dan rileks saat menurunkan tubuh. Ulangi beberapa kali dan lakukan setiap hari.

4.    Angkat kaki

Terakhir, lakukan latihan ini. ladies cukup berbaring dan meluruskan kaki ke atas hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat. Perlahan tapi pasti, tarik kedua lutut hingga menyentuk lantai dan tahan sebentar dan kembali luruskan kaki. Lakukan latihan ini hingga 20 kali. Dan ulangi minimal 5 kali.

Nah dengan latihan 4 gerakan simpel diatas secara rutin, ladies akan memiliki otot perut ideal. Bagi kaum adam, latihan ini juga bisa dilakukan. Jadi, saatnya ucapkan selamat tinggal kepada perut buncit.

 

 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda