Cibubur > Laporan Utama

Persiapan Dini Mudik di Terminal Kampung Rambutan

Senin, 20 Maret 2017 14:12 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Pendataan PO bus di Terminal Kampung Rambutan. (Amin)
Pendataan PO bus di Terminal Kampung Rambutan. (Amin)
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Salah satu persiapan adalah dengan meminta seluruh PO bus untuk melakukan pengecekan fisik kendaraan.

CIRACAS - Sebagai salah satu terminal utama di DKI Jakarta, Terminal Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) Kampung Rambutan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat yang hendak berpergian ke luar kota. Terutama saat musim liburan dan musim mudik.

Kepala Terminal Bus AKAP Emiral August mengatakan meski musim mudik masih akan berlangsung sekitar 3 bulan lagi, namun Terminal Kampung Rambutan sudah mulai melakukan sejumlah persiapan dini. Salah satu persiapan adalah dengan meminta seluruh PO bus untuk melakukan pengecekan fisik kendaraan.

"Kami sudah mulai koordinasikan dengan para PO bus untuk melakukan pengecekan kendaaan sejak sekarang. Seperti kelayakan kendaraan, dan kelengkapan surat-suratnya," kata Emiral saat ditemui Infonitas.com di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (20/3/2017).

Baca juga ini : Membahayakan, Lubang di Jalan Cilangkap Diaspal

Perispan lainnya, lanjut Emiral, yaitu dengan melakukan evaluasi bersama PO bus dengan bercermin pada pelaksanaan mudik tahun 2016 lalu. Menurut Emiral, salah satu prioritas untuk musim mudik tahun 2017 adalah terkait jumlah armada bus.

"Tahun ini diharapkan para PO bisa menyediakan bus cadangan untuk mengantisipasi, dan juga sopir-sopir itu wajib cek kesehatan dan ada uji kendaraan (RAM Check) juga ," pungkas Emiral.