Jumat, 12 Januari 2018 12:17:00
Editor : Arif Muhamad Rian | Reporter : Ronald Tanoso
Kakek Telantar
Kakek telantar diselamatkan oleh P3S Sudinsos Jaktim
Foto : istimewa
 

JATINEGARA - Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menyelamatkan pria lanjut usia (lansia) yang telantar, Kamis (11/1/2018).

Lansia itu ditemukan berdasarkan dari laporan warga sekitar di Kawasan Pasar Gembrong. Diduga kakek ini tengah dalam kondisi yang tidak baik (sakit), karena menurut warga sekitar, kakek tersebut kerap buang air sembarangan di Kawasan Pasar Gembrong.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Benny Martha menyampaikan bahwa petugasnya langsung bertindak setelah mendapat laporan dari warga terkait kondisi lansia tersebut.

"Ternyata kakek ini sudah susah untuk berdiri dan merasa kesakitan perutnya. Seperti ada masalah pada pencernaan," ujar Benny melalui keterangan resminya, pada Kamis (11/1/2018).

Melihat kondisi lansia tersebut yang tidak terlalu baik, petugas Sudinsos Jaktim langsung membawa kakek ini ke Rumah Sakit Umum Daerah Budhi Asih, di Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur.

Disampaikan Benny, lansia itu kini sulit berkomunikasi sehingga petugas belum mengetahui siapa dan dari mana asal kakek tersebut karena tidak adanya kartu identitas sang kakek.

Pihak Sudinsos Jaktim juga belum menerima laporan mengenai penyakit lansia tersebut dari pihak rumah sakit. Diduga, kakek itu menderita infeksi kandung kemih karena merasa sakit saat buang air kecil.

"Jika sudah sembuh lansia itu akan dikembalikan kepada keluarganya kalau ia masih ingat keluarga. Apabila tidak ingat, ia akan dirawat di panti lansia milik Dinas Sosial," pungkas Benny.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda