Cibubur > Laporan Utama

Operasi Biduk di Jatinegara Jaring 210 Pendatang Baru

Kamis, 10 Agustus 2017 14:42 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

ilustrasi operasi biduk.
ilustrasi operasi biduk.
Foto : istimewa

Share this








Operasi Biduk menyasar wilayah RW 03 dan RW 04 Kelurahan Rawabunga Kecamatan Jatinegara, hasilnya terjaring 210 orang.

JATINEGARA  - Operasi Bina Kependudukan (biduk) kembali digelar Pemerintah Kota Jakarta Timur di kawasan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (9/8) kemarin. Sedikitnya, 210 warga yang identitasnya belum lengkap terjaring operasi biduk.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Timur, Rusdiyanto mengatakan, dalam operasi kali ini, pihaknya menyasar wilayah RW 03 dan RW 04 Kelurahan Rawabunga Kecamatan Jatinegara.

"Dalam operasi itu, kami mendapatkan 210 warga yang sebagian besar pendatang baru yang belum memiliki izin tinggal di Jakarta," kata dia melalui keterangan resmi, Kamis (10/8/2017).

Menurut Rusdiyanto, dengan adanya operasi biduk dapat diketahui warga pendatang di wilayah Kelurahan Rawa Bunga khususnya berada di RW 03 dan RW 04.

Dia meminta ke pendatang diwajibkan melapor ke RT dan RW untuk mendapatkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDM).

"Bagi warga yang tidak melapor jika ada pemeriksaan akan kita koordinasikan kepada Suku Dinas Sosial Jakarta Timur untuk didata," ungkapnya.

Rusdiyanto menambahkan dirinya berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan bina kependudukan ini dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Camat dan Lurah dibantu RT atau RW agar mengaktifkan kembali.

"Tamu wajib lapor 1×24 jam. Karena dengan begitu dapat mengawasi dan mendata warga pendatang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.