Cibubur > Laporan Utama

Mengenal Metode Belajar Baru Bagi Siswa

Jumat, 30 Juni 2017 12:00 WIB
Editor : Admin | Reporter : Ronald

Sekolah Alam Cikeas
Sekolah Alam Cikeas
Foto : Lulus Nurhadi

Share this








Beberapa lembaga pendidikan swasta memperkaya metode belajar di sekolah dengan kurikulum agama. Ada juga yang menambahkan kurikulum internasional.

Info Utama - Sayup-sayup terdengar lantunan ayat suci Al-Qur’an saat tim Info Cibubur mendekati salah satu ruangan kelas Sekolah Al Jannah. Saat mendekat, rupanya para siswa tengah serius mengaji. Kemudian, mereka menghafal ayat suci beserta dengan maknanya. Semuanya diarahkan langsung oleh tenaga pengajar.

Rupanya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari materi pelajaran di Sekolah Al Jannah. Diberikan setiap hari kepada seluruh siswa. Tujuannya, membentuk siswa sebagai generasi bangsa yang unggul dan berkualitas. Sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan As-Sunnah agar mampu membangun sebuah peradaban manusia yang kreatif dan religius.

Humas Sekolah Al-Jannah Pondok Ranggon Hesti Rahayu Faramita mengatakan, metode belajar Sekolah Al Jannahadalah pendidikan inklusif yang berbasis pada Multiple Intellegance (kecerdasan anak) serta Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dengan visi misi dan nilai-nilai baru.

“Kami bertekad menjadikan Sekolah Al-Jannah sebagai kawasan Islam Rahmatan Lil’alamin,” terangnya. Tujuannya, membentuk generasi pembeda yang berkarakter Islam dan memiliki potensi kekuatan individu. Dengan mengacu pada nilai integritas, loyalitas, disiplin, kerjasama, peduli, visioner dan keteladanan.

Lain lagi dengan Springfield School Raffles Hills Cibubur. Sekolah ini menerapkan kurikulum internasional. Bahasa Inggris digunakan dalam metode pengajaran sehari-hari. Hal tersebut dibuktikan dengan Cambridge Examinations untuk kelas 3-6, Grade 8,10,11,12 serta optional untuk Ujian Nasional.

School Raffles Hills Cibubur juga membagi kelasnya ke dalam beberapa jenjang. Mulai dari Toddler-TKB untuk anak-anak usia 18 bulan - 6 tahun. tingkat Primary (P1-P6) dan Secondary School (G7-G10). Khusus di kelas Toddler, anak-anak mulai diperkenalkan dengan program bermain dan belajar. Metode unik ini diadopsi dari Amerika, Inggris dan Singapura.

“Springfield School hadir dengan kurikulum Cambridge dengan standard yang tinggi. Pendidikan secara Kristiani juga dihadirkan sebagai dasar pengajaran di sekolah kepada para siswa,” terang Sonia Octarina, Marketing Springfield School Raffles Hills Cibubur.

Selain unggul dalam metode belajar, Springfield School Raffles Hills Cibubur juga memiliki tenaga pengajar berpengalaman. Mereka memiliki sertifikasi resmi baik tingkat nasional maupun internasiona. Tak ketinggalan, pihak sekolah selalu memberikan pelatihan rutin guna meningkatkan kemampuan mengajar kepada anak didik.

Terakhir, ada Sekolah Alam Cikeas. Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Bhakti Suratto ini menerapkan kurikulum khusus. Berlandaskan pada lima pilar sekolah yakni Akhlakul karimah, kepemimpinan, logika ilmiah, leadership dan cinta tanah air.

“Kurikulum yang digunakan tetap mengacu pada kurikulum pendidikan nasional. Namun telah kami modifikasi,” papar Maisyafriana, selaku Kepala Divisi Umum Sekolah Aam Cikeas (SAC).

Lebih lanjut, di Sekolah Alam Cikeas, sebagian besar proses belajar siswa dilakukan di luar kelas. Tujuannya, agar mereka belajar menjadi kreatif seperti observasi, interview, role play, experiment, game hingga project. “Pembelajaran siswa dituntaskan di sekolah sehingga tak perlu ada lagi pekerjaan rumah,” timpalnya.

Khusus jenjang SMP kata dia, metode belajar yang dipakai adalah Project Based Learning. Dimana, project yang dikerjakan oleh siswa seluruhnya terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Metode ini menjadi konsep belajar unggulan sekolah di Amerika dan Eropa.