Cibubur > Laporan Utama

Melihat Kemajuan Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung

Jumat, 13 Oktober 2017 11:18 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Proyek pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung
Proyek pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Beberapa tiang pancang mulai terpasang di beberapa titik dalam pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung. Selain itu, beberapa alat seperti borepile yang terus di

CIBUBUR - Perkembangan proyek pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung terus mengalami peningkatan. Kondisi ini terlihat dari beberapa tiang pancang yang sudah mulai terpasang di beberapa titik di Jalan Alternatif Transyogi Cibubur.

Berdasarkan pantauan Infonitas.com, ada beberapa tiang pancang yang sudah berdiri. Selain itu, beberapa alat seperti borepile yang terus dioperasikan oleh para pekerja untuk memasang pondasi. 

Heri Hermawan, salah satu petugas koordinasi pengerjaan proyek mengatakan, Tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang mencapai 26,3 km. Apabila rampung, nanti tol ini akan tersambung ke sejumlah jalan tol lainnya. 

“Nanti jika sudah selesai akan terkoneksi langsung ke sejumlah tol seperti Tol Jagorawi dan Tol Cinere-Jagorawi yang kini tengah masuk tahap konstruksi,” jelasnya, Jumat (13/10).

Dia menambahkan, proyek pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung akan memberikan kemudahan bagi pengendara yang akan menuju arah Tol Jakarta-Cikampek.

“Bahkan nanti tol ini juga akan menghubungkan langsung ke jalan tol Cilincing-Cibitung,” sambungnya.

Disinggung mengenai sejauh mana tahap pengerjaan proyek tol, Heri mengatakan jika kemajuan yang sudah dilakukan untuk satu lahan sudah mencapai 43 persen sedangkan untuk fisiknya sudah 41 persen.

“Dan untuk seksi dua, lahan yang sudah progress sekitar 15 persen dan fisiknya sudah 4 persen. Sedangkan untuk underpass di Kota Wisata sudah sekitar 60 persen,” paparnya.

Perlu diketahui, proyek jalan tol ini dikerjakan dalam dua seksi. Yakni seksi 1 dengan ruas Cimanggis-Transyogi dengan panjangnya 3,5 km. Dan seksi 2 yakni Transyogi-Cibitung dengan panjang sekitar 22,8 km. 

“Jadi panjang total Tol Cimanggis-Cibitung ini membentang sepanjang 26,3 km,” pungkasnya.