Cibubur > Laporan Utama

Kerap Tergenang, Saluran Penghubung di Cakung Dinormalisasi

Rabu, 04 Juli 2018 19:56 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Beritajakarta.id

Kepala Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab
Kepala Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Normalisasi saluran penghubung di Jalan Raya Cakung Cilincing sepanjang 2,1 kilometer.

CAKUNG – Saluran penghubung (PHB) yang berada di Jalan Raya Cakung Cilincing, Jakarta Timur bakal di normalisasi. Sosialisasi kepada para pemilik bangunan yang berdiri diatas saluran dilakukan pekan ini.

Kepala Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab mengatakan, kondisi saluran tersebut saat ini terjadi penyempitan, pendangkalan dan banyak terdapat bangunan liar di atasnya.

"Hari ini rapat internal dulu dengan unit terkait dan lusa dilanjutkan sosialisasi pada pemilik bangunan liar. Karena saluran itu harus dinormalisasi untuk mengatasi genangan di Jalan Raya Cacing," kata Mustajab, Selasa (3/7).

Menurutnya, panjang saluran sekitar 3,6 kilometer, mulai dari simpang Jalan Raya Bekasi hingga perbatasan Cilincing, Jakarta Utara. Namun yang akan dinormalisasi tahun ini sepanjang 2,1 kilometer.

Kondisi saat ini lebar saluran air sekitar 1,5-2 meter dengan kedalaman dua meter. Nantinya jika dinormalisasi lebar trase basahnya sekitar 3,5 meter dan kedalaman tiga meter. Di bagian kiri kanannya dilapisi dinding turap dengan lebar sekitar 50 sentimeter. Sehingga lebar saluran air totalnya menjadi empat meter.

"Selain mengatasi genangan di Jalan Raya Cacing, normalisasi juga mengatasi genangan di permukiman warga RW 07, 08 dan RW 10 Cakung Barat," tandasnya.