Cibubur > Laporan Utama

Kejar Target, Proyek Pengerukan KBT Tambah Alat Berat

Rabu, 11 Juli 2018 18:51 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Beritajakarta.id

Pengerukan sand trap atau saluran pengendap pasir di Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.
Pengerukan sand trap atau saluran pengendap pasir di Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Total ada 8 alat berat yang diturunkan dalam pengerukan sand trap atau saluran pengendap pasir di Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Ujung Menteng, Cakung

CAKUNG – Dua unit alat berat kembali diturunkan dalam pengerukan sand trap atau saluran pengendap pasir di Kanal Banjir Timur (KBT), Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur.

Sebelumnya, telah ada enam unit alat berat diturunkan Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur. Alat berat ditambah agar target penyelesaian pengerukan September mendatang tercapai.

"Pengerukan sand trap KBT di Ujung Menteng, saat ini sudah mencapi 50 persen. Kita targetkan pengerukan lumpur kelar pada akhir September mendatang," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur, Murtajab.

Menurutnya, luas areal yang dikeruk di kawasan sand trap ini adalah sekitar 250 x 400 meter persegi. Kedalaman pengerukan saat ini baru 2,5 meter dari target lima meter.

Sementara, panjang total KBT itu sendiri mencapai 23,5 kilometer dan lebar antara 100-200 meter. KBT ini terbentang dari wilayah Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, hingga Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

KBT ini juga dilengkapi tiga pintu air, yakni di Kelurahan Malaka Sari, Ujung Menteng dan Kelurahan Marunda.

"Diharapkan juga saat musim hujan tahun ini mampu menampung debit air yang tinggi," tandasnya.