Cibubur > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

Jika Belum Ada di DPT, Warga Jaktim Diminta Proaktif

Sabtu, 11 Maret 2017 15:15 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Ilustrasi - Pilkada DKI Putaran Dua
Ilustrasi - Pilkada DKI Putaran Dua
Foto : istimewa

Share this








Masalah DPT menjadi fokus KPU Jakarta Timur. Makanya, mereka meminta kerja sama warga untuk turut bersikap proaktif dalam hal tersebut.

CIPAYUNG - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua akan berlangsung pada 19 April 2017. Namun sampai saat ini, masih banyak masalah yang harus dibenahi. 

Salah satunya adalah masalah daftar pemilih tetap (DPT). Masalah DPT ini terdapat di banyak wilayah, termasuk Kota Administrasi Jakarta Timur (Jaktim).

Terkait hal ini, KPU setempat meminta agar warga yang belum tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT) segera mendatangi kantor kelurahan.

"Warga harus proaktif. Apabila tidak terdaftar (di DPT), harus segera lapor," ujar Nurdin, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Timur, di Cipayung, Jaktim, Sabtu (11/3/2017).

Dengan melakukan laporan ke kelurahan, lanjut Nurdin, warga pun bisa mendaftar sebagai pemilih di Pilkada DKI putaran kedua.

Pada putaran kedua ini, KPU Jaktim memprediksi akan ada banyak daftar pemilih tambahan atau DPTb. Khususnya untuk wilayah Cakung dan sekitarnya. Sebab bercermin dari putaran pertama kemarin, banyak warga Cakung yang belum terdaftar sebagai DPT.

"Kalau melihat dari putaran pertama kemarin, DPT di Cakung itu sekitar 337 ribuan. Cakung akan mendapat DPTb terbanyak karena banyak warga apartemen yang belum terdaftar di DPT," jelas Nurdin.

Terkait pemutakhiran DPT ini, KPU Jaktim juga mengaku akan melakukan perbaikan data pada DPT sebelumnya. Seperti melakukan pengurangan pemilih karena meninggal dunia, pindah, atau alasan lainnya.

"Baru setelah itu, kita lakukan pemutakhiran dengan cara menambah pemilih dari daftar pemilih tambahan," pungkas Nurdin.