Cibubur > Laporan Utama

Lebaran Betawi 2017

‘Jawara’ Cilik Hibur Pengunjung Festival Condet

Sabtu, 29 Juli 2017 19:32 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Pertunjukan silat dari para jawara cilik di Festival Condet.
Pertunjukan silat dari para jawara cilik di Festival Condet.
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Sejumlah anak tampil dalam atraksi bela diri di Festival Condet. ‘Jawara’ cilik ini menghibur pengunjung dengan pertunjukan silat.

KRAMAT JATI - Untuk meramaikan Lebaran Betawi 2017, sejumlah pagelaran seni budaya Betawi ditampilkan dalam Festival Condet yang berlangsung di sepanjang Jalan Raya Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur. Salah satunya adalah seni bela diri silat.

Namun, ada yang berbeda dalam pertunjukan seni bela diri khas jagoan Betawi Si Pitung tersebut. Jika biasanya pertunjukan ditampilkan oleh para remaja atau orang dewasa, namun di Festival Condet ini, seni pencak silat diperagakan oleh para pendekar cilik.

Ya, sedikitnya ada sekitar delapan 'jawara' cilik dari Padepokan Silat Muara Condet yang unjuk gigi serta memperlihatkan jurus-jurus mereka. Pertunjukan seni bela diri ini pun mendapat perhatian yang cukup tinggi dari para pengunjung.

“Hebat nih, kecil-kecil udah jago bela diri, calon jawara Kampung Condet,” ujar Ridwan Saputra (32), salah satu pengunjung Festival Condet kepada infonitas.com, Sabtu (29/7/2017).

Sementara dari pantauan Infonitas.com, pagelaran seni bela diri pencak silat itu dipertunjukan disalah satu panggung kecil di Festival Condet. Awalnya, pertunjukan silat dimulai dengan perang pantun untuk menunjukkan khas budaya Betawi, yakni palang pintu.

Usai berbalas pantun, kedua anak itu kemudian saling melakukan serang dan mengeluarkan jurus silatnya masing-masing. Meski hanya berpura-pura, namun mereka sangat piawai dalam memperagakan jurus silat sehingga tampak terlihat nyata.

Aldi Muhammad (13), salah satu pesilat mengaku cukup senang bisa tampil di depan ratusan pengunjung di Festival Condet. Sebagai warga asli Condet, ia bangga bisa membawa nama baik padepokan yang sudah melatihnya silat selama 3 tahun terakhir.

“Saya senang sekali bisa tampil bawain budaya Betawi ini. Karena tahun kemarin juga tampil, jadi ini yang kedua,” jelasnya singkat.