Cibubur > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

Inovasi TPS Go Green, Tarik Minat Nyoblos Warga Cipinang Melayu

Rabu, 19 April 2017 13:04 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

jakarta
TPS 22 Cipinang Melayu
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this





Partisipasi putaran pertama hanya 80 persen, saat ini meningkat sampai 95 persen.

MAKASAR - Inovasi TPS membuat minat warga meningkat untuk mencoblos. Kurangnya minat serta antusiasme warga RT 08 dan 09 di RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu membuat panitia TPS (Tempat Pemungutan Suara) 22 Cipinang Melayu melakukan inovasi dengan mengusung konsep penghijauan (Go Green) di TPS tersebut.

Ketua TPS 22 Cipinang Melayu, Dony Triotama menjelaskan, ide kreatif untuk menampilkan tema penghijauan lingkungan itu pertama kali digagas, oleh pemuda karang taruna RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu. Dari ide itu, warga pun sepakat dan mendukung diwujudkannya konsep penghijauan lingkungan dengan tema "Hijau Kampungku, Hijau Jakartaku".

"Warga di sini semua sepakat, lalu kami dari panitia TPS 22 langsung mendekorasi TPS ini selama dua hari," ujar Dony kepada infonitas.com, di lokasi, Rabu (19/4/2017).

Disampaikan Dony, diusungnya konsep penghijauan lingkungan ini, membuat minat serta partisipasi pemilih di RT 08 dan RT 09 di RW 04 Cipinang Melayu melonjak dibandingkan putaran pertama Pilkada DKI Jakarta pada tanggal 15 Februari 2017 yang lalu.

Baca juga : Rencana Revitalisasi Terminal Induk Bekasi

"Waktu itu partisipan hanya 80 persen saja, saat ini meningkat sampai sekitar 95 persen," ujar Dony.

Dony menjelaskan, di TPS 22, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 412 orang. Saat ini, hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 345 warga yang menyalurkan hak pilihnya. Ia pun menyampaikan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan kendala selama pencoblosan berlangsung.

"Sementara kita masih tunggu yang daftar pemilih tambahan (DPTb) yang mencoblos dari jam 12 sampai jam 1 siang ini," pungkas Dony.