Cibubur > Laporan Utama

Hujan Guyur Ibukota, Kali Cipinang Meluap

Kamis, 12 Oktober 2017 16:36 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Aliran Kali Cipinang  yang meluap akibat hujan deras yang mengguyur Ibukota, Kamis (12/10)
Aliran Kali Cipinang yang meluap akibat hujan deras yang mengguyur Ibukota, Kamis (12/10)
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Aliran Kali Cipinang yang melintas di Jalan Cipinang, RT 10 RW 09 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, meluap ke jalan lantaran hujan deras.

CIRACAS - Hujan deras yang mengguyur kawasan Ibu Kota, Kamis (12/10/2017) sore, membuat aliran Kali Cipinang yang melintas di Jalan Cipinang, RT 10 RW 09 Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, meluap ke jalan.

Luapan air kali disebabkan oleh banyaknya sampah yang tersangkut di bawah jembatan Jalan Cipinang tersebut.

“Tadi sempat meluap karena aliran kali tidak lancar karena tertutup sampah di bawah jembatan,” ujar Ujang, warga RT 10 RW 09 Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Dijelaskan Ujang, hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut terjadi sekitar 40 menit dan membuat aliran air di Kali Cipinang cukup deras. Selain itu, debit air semakin meninggi.

“Sempat naik ke permukaan dan kita sudah panik takut banjir,” terangnya.

Namun, sebelum genangan semakin meninggi, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kelapa Dua Wetan  dibantu oleh warga setempat langsung membersihkan sampah yang tersangkut di bawah jembatan.

“Untungnya hujan reda, jadi pasukan oranye langsung bersihkan sampah itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator PPSU Kelurahan Kelapa Dua Wetan Aliyudin mengatakan, pihaknya memang sudah dihimbau oleh lurah untuk bersiaga di titik rawan banjir seperti di bantaran Kali Cipinang yang memang melintasi wilayah Kelapa Dua Wetan.

“Salah satunya karena ini. Begitu hujan langsung diperintahkan untuk memonitor Jalan Cipinang karena menjadi langganan banjir,” tandasnya