Cibubur > Laporan Utama

Hujan Deras, Kampung Rambutan Tergenang Banjir

Selasa, 12 Desember 2017 14:28 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Kawasan Gudang Air, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur yang terendam banjir. Ketinggian air mencapai 70 sentimeter hingga 1,5 meter.
Kawasan Gudang Air, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur yang terendam banjir. Ketinggian air mencapai 70 sentimeter hingga 1,5 meter.
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Ketinggian air mencapai 70 sentimeter di kawasan Gudang Air, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur saat hujan deras mengguyur Ibu Kota, Senin (12/12)

CIRACAS - Hujan deras yang mengguyur kawasan Jakarta kemarin membuat sejumlah kawasan permukiman terendam banjir, Senin (11/12) sore.

Salah satunya adalah kawasan Gudang Air, Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur. Ketinggian air mencapai 70 sentimeter hingga 1,5 meter. 

Warga setempat berharap Pemprov DKI Jakarta segera merealisasikan rencana pembangunan waduk di bantaran Kali Cipinang untuk mengatasi banjir.

Beberapa warga menilai bantaran kali sudah sejajar, bahkan lebih tinggi dari pemukiman warga.

“Di sini itu masyarakat memang hampir tiga kali seminggu terkena banjir seperti ini. Harapannya, mudah-mudahan ada solusinya. Kami dengar akan dibangun waduk,” ujar seorang warga Benny Setiawan (41).

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana mengatakan, luapan yang terjadi di kawasan Rambutan ini akibat normalisasi Kali Cipinang yang belum berjalan.

Dikatakan wali kota, proyek pembangunan waduk yang diharapkan bisa menahan debit air juga menjadi salah satu kendalanya. Pasalnya, pembangunan waduk di sepanjang kali Cipinanh itu sendiri masih dalam tahap pengerjaan.

"Ada sekitar empat waduk yang tengah dikerjakan, bila seandainya rampung, pastinya bisa menahan debit air," tandasnya saat dikonfirmasi Infonitas.com, Selasa (12/12/2017).