Cibubur > Laporan Utama

Hari Ini, Perlintasan Rel Cipinang Lontar Ditutup

Senin, 05 Maret 2018 14:53 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Penutupan perlintasan rel kereta api (KA) sebidang Cipinang Lontar, Jatinegara, Jakarta Timur.
Penutupan perlintasan rel kereta api (KA) sebidang Cipinang Lontar, Jatinegara, Jakarta Timur. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Penutupan perlintasan rel Cipinang Lontar untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengendara. Sebab intensitas kereta yang lewat di jalur ini cukup tinggi

JATINEGARA - Terhitung mulai hari ini, Senin (5/3), perlintasan rel kereta api (KA) sebidang Cipinang Lontar, Jatinegara, Jakarta Timur ditutup.

Hal ini dilakukan setelah uji coba flyover Cipinang Lontar dilakukan Pemerintah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dikatakan Kasubdit Pencegahan dan Penegakan Hukum Keselamatan Ditjen Perkerataapian Kementerian Perhubungan RI, Prawoto, penutupan perlintasan sebidang sudah disosialisasikan sebelumnya.

Menurutnya, ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengendara. Sebab intensitas kereta yang lewat di jalur ini cukup tinggi.

"Karena flyover sudah dioperasikan maka perlintasan kereta api kita tutup. Untuk rekayasa lalu lintas kita serahkan pada Sudin Perhubungan Jakarta Timur untuk pengaturannya," ujar Prawoto.

Sementara itu, pantauan di lapangan, sejumlah petugas sudah menutup perlintasan sebidang secara permanen dengan memasang pagar pembatas. Bahkan pada akses masuk perlintasan dari Jalan Bekasi Timur maupun di Jalan Raya Bekasi dipasangi MCB. Sehingga kendaraan tak bisa lagi melintasi perlintasan sebidang ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kasi Lalu Lintas Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Andreas Eman. Menurutnya, sebelum dilakukan penutupan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik melalui media massa maupun dengan pemasangan spanduk. Dengan demikian penutupan perlintasan sebidang itu sendiri sudah sesuai perencanaan awal.

"Kendaraan dari Jalan Bekasi Timur maupun Jalan Raya Bekasi tak bisa lagi melintasi perlintasan rel kereta api ini. Kendaraan harus melintas di atas flyover yang ada," pungkasnya.