Cibubur > Laporan Utama

Fasilitas Bandar Narkoba di Lapas Cipinang Seperti Hotel

Selasa, 13 Juni 2017 13:03 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

Ilustrasi sel mewah.
Ilustrasi sel mewah.
Foto : istimewa

Share this








Fasilitas bandar narkoba yang didapatkan di dalam lapas seperti AC, CCTV, WIFI serta menu makanan spesial layaknya menginap di hotel berbintang.

CAWANG - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil mengungkap bandar besar narkoba yang telah divonis dan dijebloskan di dalam penjara, namun masih bisa menjalankan aksinya meskipun dari balik jeruji besi. Malahan, sel milik para bandar tersebut tergolong mewah dan memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang.

Kepala BNN, Komjen Pol Budi Waseso mengatakan pihak BNN tidak bisa melakukan apa-apa terkait sel milik bandar narkoba yang berfasilitas lengkap. Menurutnya, pihak BNN hanya bisa mengadukan hal tersebut ke Kementrian Hukum dan HAM dan pihak Lapas terkait.

"Kalo itu (penanganan sel mewah para bandar narkoba) bukan kewenangan kami. Kami hanya bisa melaporkan temuan ke Lapas terkait dan Kemnkum HAM," kata Buwas panggilan Budi Waseso di Kantor Pusat BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (13/6/2017).

Sebelumnya diketahui, BNN menggeledah sebuah sel di Lapas Cipinang kelas 1A milik bandar besar narkoba bernama Haryanto Chandra alias Gombak tervonis 14 tahun penjara atas kasus Narkotika. Haryanto Chandra sendiri diketahui, masih menjalankan bisnis narkoba di dalam penjara.

Dari hasil penggeledahan, sel milik Haryanto Chandra tergolong berbeda dari sel lainnya. Sel tersebut tergolong lengkap fasilitas, seperti AC, CCTV yang bisa memonitor setiap orang yang datang, WIFI serta menu makanan spesial layaknya menginap di hotel berbintang.

Selain fasilitas sel tersebut, Haryanto Chandra juga menjalankan roda keuangan narkobanya dari dalam Lapas. Dia menggunakan beragam perangkat elektronik seperti Laptop, Ipad serta handphone untuk mengatur keuangan hasil penjualan narkoba.

Baca juga: BNN Ungkap Bandar Besar Narkoba di Dalam Lapas Cipinang