Cibubur > Laporan Utama

Aparat Tembak Mati Pelaku Perampokan Davidson

Sabtu, 17 Juni 2017 16:06 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Chandra Purnama

Ilustrasi penembakan.
Ilustrasi penembakan.
Foto : istimewa

Share this








Aparat menembak mati pelaku perampokan Davidson yang berlaku sebagai wakil kapten dari kelompok perampok asal Lampung di kawasan Bogor.

KRAMATJATI - Aparat kepolisian menembak mati IR, salah satu pelaku perampokan sadis dengan korban Davidson Tantono (30). IR yang merupakan wakil kapten dari kelompok perampok asal Lampung ini ditembak mati di Bogor, Jumat, (16/6/2017).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan bahwa pada 11 Juni 2017 lalu, polisi berhasil menangkap salah satu pelaku berinisial TP yang diketahui berperan gembos ban di daerah Tajur, Bogor, Jawa Barat.

"Setelah menangkap TP, kemudian dilakukan pengembangan, dan kembali berhasil menangkap DTK di Lampung, yang berperan sebagai memata-matai di dalam bank," terang Argo di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu (17/6/2017).

Pengembangan terhadap pelaku perampokan sadis terus dilakukan. Selanjutnya tim kembali berhasil menangkap M di Lampung yang berperan sebagai penghalang apabila pada saat kejadian terdapat orang yang melakukan pengejaran.

Dari keterangan tersangka yang telah tertangkap, polisi kembali menangkap satu pelaku berinisial IR di Karawang. IR ini merupakan wakil kapten atau wakil dari eksekutor yang menembak mati Davidson.

IR ini berperan menggambarkan situasi dan mengawasi korban. "Saat kejadian, IR inilah yang memilih Davidson sebagai target," ungkapnya.

Menurut Argo, IR mengaku mengetahui keberadaan pelaku penembak Davidson. "IR mengatakan penembak Davidson ada di Bogor, dan akhirnya IR kami bawa ke Bogor untuk menangkap eksekutor," terangnya.

Namun, lanjut Argo, saat akan menangkap penembak Davidson, IR ini mencoba melawan. Akhirnya polisi mengambil tindakan tegas dengan menembak IR di bagian punggung hingga akhirnya tewas.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria bernama Davidson Tantono (30), yang menjadi korban perampokan di SPBU 34 - 11712 Jalan Daan mogot KM 12, Cengkareng Timur, Jakarta Barat tewas tertembak senjata api di bagian kepala. Peristiwa perampokan tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat (9/6/2017).

Korban diketahui pemilik mobil Innova bernomor polisi B 1136 GFY. Terkait kronologis kejadian, pada pukul 13.30 WIB, kendaraan Innova masuk ke SPBU untuk mengisi angin di lokasi SPBU, tepat di pintu keluar.

Tiba-tiba ada satu kendaraan motor berboncengan menghampiri pemilik Innova dan langsung mengambil tas yang berisi uang Rp350 juta, yang ada di dalam mobil dan pelaku menembakkan senjata api kepada korban dan mengenai bagian kepala. Korban pun meninggal dunia di lokasi kejadian.