Cibubur > Laporan Utama

Akhir Oktober 2017, Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar LTV di Cibubur

Jumat, 13 Oktober 2017 13:23 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Poskotanews.com

Konferensi Pers Kwarnas Gerakan Pramuka Dalam Rangka Lomba Tingkat Lima (LT-V)   yang akan dilaksanakan selama satu pekan penuh, yaitu pada tanggal 22-28 Oktober 2017.  (Ist)
Konferensi Pers Kwarnas Gerakan Pramuka Dalam Rangka Lomba Tingkat Lima (LT-V) yang akan dilaksanakan selama satu pekan penuh, yaitu pada tanggal 22-28 Oktober 2017. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Kegiatan Lomba Tingkat Lima (LT-V) akan dilaksanakan selama satu pekan penuh, yaitu pada tanggal 22-28 Oktober

CIBUBUR – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan menyelenggarakan Lomba Tingkat Lima (LT-V) yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Menurut rencana, kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu pekan penuh, yaitu pada tanggal 22-28 Oktober 2017 mendatang.

Lomba keterampilan dan kekompakan ini juga akan diikuti oleh Regu Penggalang mulai dari usia 11-15 tahun dari berbagai daerah di Nusantara.

“Lomba ini merupakan  salah satu kegiatan paling bergengsi,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, di Jakarta, Sabtu (7/10) seperti mengutip Poskotanews.com, Jumat (13/10).

Menurutnya, para peserta lomba tingkat V adalah mereka  yang telah menjuarai LT-I (tingkat kelurahan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi). Jadi, dikatakan Adhyaksa bahwa peserta kali ini adalah regu penggalang andal yang dikirim dari daerah masing-masing.

“Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V ini adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka,” imbuhnya.

Kegiatan Lomba Tingkat Lima (LT-V) ini akan mengusung tema ‘Persaudaraan, Mandiri, Prestasi". Dalam lomba ini akan mempertemukan Regu Pramuka Penggalang terbaik se-Indonesia.

Lomba ini sangat ketat, prinsip kejujuran, sportivitas, dan keadilan dalam penilaian sangat diperhatikan. Jadi Regu Penggalang yang hadir adalah regu berprestasi tinggi (Juara 1) di daerahnya. 

“Saya optimis sportivitas terjaga dan salah satu tujuan perkemahan yakni semakin merekatkan generasi masa depan NKRI,” jelas Adhyaksa.

Sementara itu, Bayu Tresna, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Lingkungan Hidup dan Kesakaan mengakui, tidak mudah bisa ikut LT-V. Pasalnya, lomba ini dibutuhkan perjuangan dan kekompakan.

“Sebagai Pembina saya baru bisa mengantarkan peserta didik saya hingga LT-IV, karena itu saya kagum kepada kakak-kakak pembina yang berhasil membawa peserta didiknya ikut LT-V ini. Proses yang dilalui hingga menjadi peserta sangat panjang dan dramatis,” ujarnya.

Menurutnya,  LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu.