Cibubur > Laporan Utama

Pasca Vonis Ahok

Ahok Akan Menghabiskan Masa Tahanan di Mako Brimob

Rabu, 10 Mei 2017 13:26 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Chandra Purnama

cibubur
Basuki Tjahaya Purnama
Foto : istimewa

Share this








Keamanan dijadikan alasan pihak Kepolisian dan Kemenkumham untuk memindahkan terpidana kasus penistaan agama, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

CIPINANG - Rumah Tahanan (Rutan) Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok akan menjadi hunian tervonis dua tahun penjara atas kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Polisi Andry Wibowo.

Andry mengatakan, Rutan Mako Brimob bukan dijadikan tempat sementara bagi suami Veronica Tan itu untuk menjalani hukumannya. Malahan, Ahok dijadwalkan akan menghabiskan masa kurunganannya di Rutan yang terkenal khusus bagi para teroris tersebut.

"Ya akan ditahan di Mako Brimob, karena ini sosok yang menjadi perhatian publik," kata Andry kepada wartawan, Rabu (10/5/2017).

Baca juga : Relawan Galang KTP untuk Penangguhan Penahanan Ahok

Selain itu, Andry juga mengungkapkan soal ditahannya Ahok di Mako Brimob. Menurutnya, proses pemindahan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, sudah melalui perundingan yang panjang antara pengacara, Kemen Hukum dan HAM serta pihak kepolisian.

"Itu kan melalui rapat Kakanwil KumHAM, Rutan, pengacara mereka. Polisi prinsipnya menerima bantuan, kalau alasannya, alasan keamanan, mereka sudah memberikan konsiderasi," tutup dia.

Sebelumnya diberitakan, Ahok terpaksa dipindahkan pada Selasa pada pukul 24.00 WIB dikarenakan alasan keamanan. Pasalnya, belum sehari Ahok ditahan, para simpatisan pendukungnya sudah memenuhi Rutan Cipinang.