Cibubur > Laporan Utama

Lebaran Betawi 2017

170 Pasukan Oranye di Balik Kebersihan Festival Condet

Minggu, 30 Juli 2017 14:17 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Keramaina di Festival Condet.
Keramaina di Festival Condet.
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Berkaca dari penyelenggaraan tahun sebelumnya, kebersihan Festival Condet tahun ini dikawal oleh 170 petugas PPSU atau Pasukan Oranye.

KRAMAT JATI- Perayaan Lebaran Betawi 2017 yang disemarakkan di Festival Condet memasuki hari terakhir, Minggu (30/7/2017). Lokasi festival yang berada di sepanjang Jalan Raya Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur itu pun ramai dipadati ribuan pengunjung.

Seiring dengan ramainya pengunjung Festival Condet, salah satu dampak atau masalah utama yang dapat ditimbulkan ialah masalah sampah. Berkaca dari tahun 2016, Festival Condet menyisakan banyak sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Raya Condet.

Menanggapi hal ini, Camat Kramat Jati Eka Darmawan menyampaikan, pihaknya telah menginstruksikan jajaran petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk mengawal kebersihan di lokasi festival. Pasukan Oranye, kata dia, akan disiagakan di lokasi acara selama dan setelah festival berlangsung.

“Kita sebar 170 personel PPSU di lokasi acara. Mereka ini statusnya sudah siaga untuk jaga kebersihan di lokasi,” ujar Eka saat dikonfirmasi Infonitas.com, Minggu (30/7/2017).

Eka menjabarkan, 170 personel PPSU tersebut berasal dari tiga kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kramat Jati. Rinciannya, yakni sebanyak 72 PPSU dari Kelurahan Batu Ampar, 53 PPSU dari Kelurahan Balekambang, dan 45 PPSU dari Kelurahan Cililitan.

“Kita bagi tiga karena Festival Condet ini kan panjang acaranya, sampai ada di wilayah tiga kelurahan itu,” sambungnya.

Eka berharap, meski anggota PPSU dari tiga kelurahan di Kecamatan Kramat Jati sudah disiagakan, namun kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah secara sembarangan adalah hal yang utama untuk menjaga kebersihan Festival Condet.

“Semoga masyarakat cerdas dan tau harus membuang sampah pada tempatnya,” tukasnya.