Cibubur > Laporan Utama

105 Bus di Terminal Kampung Rambutan Tak Layak Jalan

Rabu, 30 Mei 2018 15:15 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Uji kelayakan armada bus di Terminal Kampung Rambutan
Uji kelayakan armada bus di Terminal Kampung Rambutan
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Hasil uji kelayakan terhadap 118 armada bus di Terminal Kampung Rambutan, 105 diantaranya tak layak jalan.

CIBUBUR - Sebagai upaya memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga yang akan mudik pada hari Lebaran 2018, Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur melakukan uji kelayakan jalan (ramp check).

Sedikitnya sekitar 118 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang sudah melewati proses ramp check di terminal ini sejak awal puasa hingga Selasa (29/5) kemarin.

Kepala Terminal Bus AKAP Kampung Rambutan, Emirald August Dwinanto mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh empat petugas gabungan dari UP PKB Pulogadung dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Adapun ramp check ini dilakukan secara acak terhadap armada yang akan mengangkut penumpang menuju berbagai daerah.

"Sejak awal puasa hingga sekarang, sudah 118 armada yang dilakukan ramp check. Hasilnya hanya 13 armada yang lulus dan 105 armada tak lulus," kata Emirald, Selasa (29/5).

Menurutnya, rata-rata armada yang tak lulus uji tidak melengkapi prosedur yang telah ditetapkan. Seperti kerusakan wiper, lampu utama, rem tangan yang tak berfungsi normal dan lain sebagainya.

"Kendaraan yang lulus uji, langsung dipasangi stiker tanda lulus uji," tandasnya.

Tidak hanya melakukan ramp check, Emirald juga mengatakan akan menggandeng BNN untuk melakukan tes urine kepada pengemudi dan kernetnya.