Cibubur > Kuliner

Lebaran Betawi 2017

Mau Jajal Kesegaran Es Selendang Mayang, Datang ke Festival Condet

Minggu, 30 Juli 2017 13:01 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Es selendang mayang.
Es selendang mayang.
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Es selendang mayang tak cuma berbentuk air dan es yang hanya dapat menghilangkan rasa haus saja. Mau jajal, datanglah ke Festival Condet.

KRAMAT JATI- Selain diramaikan oleh sejumlah pementasan seni dan budaya asli Betawi, Festival Condet juga bisa dijadikan sebagai surganya kuliner atau jajanan khas Betawi. Berbagai macam makanan khas penduduk asli Ibu Kota seperti kerak telor, gulali betawi, toge goreng, hingga dodol betawi tersedia.

Selain makanan, Betawi juga dikenal dengan olahan minumannya yang menyegarkan, salah satunya yakni es selendang mayang. Kesegaran es yang satu ini, kini semakin sulit untuk ditemukan. Namun, bagi warga yang ingin menikmati es selendang mayang, dapat menemukannya di Festival Condet, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pantauan infonitas.com di lokasi festival, pengunjung dapat merasakan kenikmatan es selendang mayang yang dijual di sejumlah titik di Festival Condet. Jika melewati pintu masuk dari arah TB Simatupang, penjual es selendang mayang yang terdekat berada di dekat panggung utama, tepatnya sekitar 300 meter setelah pintu masuk.

Penjualnya adalah Nasir (51). Menurut dia, karena acara Festival Condet mengharuskan pengunjung untuk berjalan kaki, es selendang mayang cocok dijadikan sebagai santapan pelepas dahaga.

“Minum ini seger, karena selain hausnya hilang, rasa lapar juga bisa ketahan,” ujarnya kepada infonitas.com di lokasi, Minggu (30/7/2017).

Sebab, lanjut Nasir, es selendang mayang tak cuma berbentuk air dan es yang hanya dapat menghilangkan rasa haus saja. Es dengan cita rasa manis itu, lanjutnya, juga diisi oleh semacam puding dari sagu yang berwarna merah, putih, dan hijau.

“Kalau kita istilahnya kue sagu, langsung ditambahin air gula jawa sama santan, dan ditambah es batu biar seger kalau diminum siang-siang begini,” tambah pria yang sudah berjualan es selendang mayang selama 15 tahun.

Es selendang mayang dibanderol dengan harga Rp 10 ribu untuk satu porsi. “Biasanya jual cuma Rp 5 ribu, tapi di sini kan nyewa tempat ya jadi saya jualnya Rp 10 ribu seporsi,” imbuhnya.