Rabu, 30 Mei 2018 15:38:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso
Es Kepal Milo
Es Kepal Milo
Foto : Abdul Rahman
 

CIBUBUR - Kala dahaga menyerang minuman dingin menjadi favorit semua kalangan. Apalagi, Indonesia termasuk negara tropis yang kerap dilanda cuaca panas. Kondisi ini, dilirik pelaku usaha dalam mengeruk pundi rupiah. Mereka berlomba menjajakan sajian minuman manis seperti thai tea, ice cream hingga es kepal kekinian.

Salah satunya, Es Kepal Milo Vania. Sang pemilik, Rio W menyakini dapat meraup keuntungan dari penjualan minuman satu ini. Keyakinan tersebut dia lakukan dengan membuka booth dagangan di tiga lokasi di kawasan Cibubur. Tepatnya di Ruko Metland Transyogi, Pasar Gandoang dan perumahan Permata Cibubur.

“Dari tiga booth yang kita miliki, dalam sehari bisa memperoleh untung sekitar Rp 200 ribu-an. Jika dihitung per sajian sekitar 50-100 cup terjual,” bebernya, saat ditemui tim Info Cibubur, pekan lalu.

Menurut Rio, meski usaha yang dijalaninya baru seumur jagung namun peluang bisnis ini dinilai menjanjikan. Terlebih, minuman berbahan dasar produk milo tengah hits di masyarakat. Tua dan muda menyukainya. Tidak hanya laris di bulan Ramadan tetapi juga hari biasa.

“Malahan jika bukan di bulan puasa pendapatan bisa lebih banyak. Pasalnya, konsumen dari pagi sudah antri membeli. Berbeda saat bulan Ramadan yang baru membeli saat sore hari atau jelang berbuka,” jelasnya.

Soal harga kata dia, es kepal milo miliknya dibanderol cukup terjangkau. Mulai dari Rp 10 ribu – Rp 15 ribu sesuai varian topping. Dalam sehari selama bulan Ramadan, penjualan bisa mencapai 500 – 100 cup. Dimana, keuntungan bisa mencapai Rp 150 ribu – Rp 300 ribu.

Minuman laris manis lainnya ada Cha Yen Thai. Teh Thailand satu ini mulai banyak dijajakan di berbagai tempat. Seperti mal, kantin, restoran hingga area publik. Penyajiannya berbentuk cup, dengan varian rasa kopi, green tea, susu dan yakult. Untuk menambah kesegaran rasa ditambahkan pula sirup.

“Minuman teh ini asli dari Thailand. Konsumen banyak membeli karena memang rasanya manis dan segar sebagai pelepas dahaga,” kata Desi Ratnawati, pegawai Cha Yen Thai yang menjajakan dagangan di LG Mall Cibubur Junction sejak Agustus 2017.

Dia mengatakan, salah satu produk yang laris dipesan konsumen adalah Thai Tea dan Rainbow Dash. Juga, ada beberapa varian menu lainnya seperti green tea lemon dan thai ice dengan topping hot milo yang patut dicoba. Harga yang dijual minuman satu ini terjangkau dan tidak membuat kantong bolong.

Lanjutnya, harga satu porsi minuman Cha Yen Thai mulai dari Rp 20 ribu – Rp 22 ribu. Cukup terjangkau untuk produk thai tea sejenis. Penyajiannya bisa dingin dan panas sesuai pesanan konsumen. Minuman satu ini telah memiliki penggemarnya tersendiri, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Hampir setiap hari penjualan Cha Yen Thai mencapai 30 – 50 cup. Bahkan, saat akhir pekan bisa terjual hingga 100 – 150 cup. Minuman ini laris manis dipesan pelanggan,” aku perempuan berhijab ini.

Terakhir, ada Zahra Turkish Ice Cream. Minuman dingin sejenis dessert ini, mulai menyapa lidah masyarakat Indonesia sejak 2015 lalu. Bahan utama produk adalah susu murni kualitas terbaik dan juga bunga anggrek. Penggunaan bunga anggrek kata dia dimaksudkan agar ice cream lengket dan tidak mudah jatuh saat disajikan dengan cara atraksi.

Pegawai Zahra Turkish Ice Cream, Lutfi mengungkapkan, ice cream yang aslinya berasal dari Turki ini sudah hadir di wilayah Cibubur sejak awal 2018. Berlokasi di LG Mall Cibubur Junction. Zahra Ice Cream Turki. Meski terbilang produk anyar namun antusias konsumen cukup tinggi.

“Kami pusatnya di Mal Kota Kasablanka sedangkan di Cibubur baru 3 bulan. Namun begitu konsumen sudah banyak membeli. Varian rasa Zahra Turkish Ice Cream terdiri dari vanilla, coklat dan strawberi,” serunya.

Ditambahkan Lutfi, dalam sehari pihaknya dapat menjual hingga 10 – 15 corns. Harga yang dijual mulai dari Rp 30 ribu-an. Selain, menawarkan varian rasa ice cream, hadir pula ice cream kebab. Hanya saja, produk ini hanya dapat dinikmati di Mal Kota Kasablanka.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda