Cibubur > Kuliner

Cara Pintar Menyimpan Rempah di Rumah

Selasa, 19 September 2017 09:49 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

masak
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Rempah segar memiliki usia yang pendek dan mudah busuk saat disimpan. Jadi, bagaimana cara menyimpan rempah yang tepat?

JAKARTA – Rempah atau tumbuhan herbal kerap digunakan untuk menambahkan cita rasa dan aroma pada masakan. Yang harus diketahui, rempah yang segar memiliki usia yang pendek dan mudah busuk saat disimpan.

Nah, Anda tidak perlu khawatir. Ulasan berikut ini akan menyajikan sejumlah trik yang dapat Anda praktekkan di rumah agar rempah segar bertahan dua kali lipat lebih lama.

Rempah segar yang teksturnya tebal dengan tangkai-tangkai kayu seperti rosemary dan thyme harus disimpan dengan cara berbeda dengan rempah bertekstur tipis seperti tarragon dan peterseli.

Perlu diketahui, rempah segar yang baru dipetik hanya dapat bertahan selama dua hari. Nah, ada cara untuk memperpanjang usia mereka.

Menurut viva.co.id seperti lansirannya dari dari Daily Mail, Rabu (13/9/2017), rempah segar dengan tekstur yang tipis, termasuk daun basil dan ketumbar harus dikeluarkan dari kemasannya secepat mungkin, setelah Anda sampai di rumah sehabis berbelanja. Kemudian, bahan-bahan itu juga harus langsung dibungkus dengan tisu dapur lembap dan disimpan di dalam plastik dengan segel.

Baca Juga : Begini Cara Mengenali Telur yang Sudah Busuk

Trik lain yang bisa Anda coba adalah dengan membekukan sisa rempah segar di dalam air dan memasukkannya ke dalam cetakan es batu. Anda bisa dengan mudah menambahkan es batu tadi ke dalam masakan Anda. Secara instan, masakan pun akan penuh dengan cita rasa

Selain itu, Anda dapat menyimpan rempah segar di dalam stoples dengan tutup segel, karena akan menjaga mereka segar lebih lama dibanding menyimpannya di dalam plastik.