Cibubur > Komunitas

Lebaran Betawi 2017

Komunitas Pencinta Batu Akik di Festival Condet

Minggu, 30 Juli 2017 19:30 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Komunitas pencinta batu akik di Festival Condet.
Komunitas pencinta batu akik di Festival Condet.
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Komunitas pencinta batu akik hadir di Festival Condet. Mereka memanfaatkan event tersebut sebagai ajang untuk bersilaturahmi.

KRAMAT JATI - Selain sebagai ajang pameran seni, budaya, dan kuliner khas Betawi, Festival Condet juga dijadikan sebagai wadah silaturahmi oleh komunitas pencinta batu akik. Dalam festival yang digelar di sepanjang Jalan Condet Raya itu, para penyuka dan kolektor batu akik saling berinteraksi.

Salah satu pengunjung festival sekaligus kolektor batu akik, Usman Ramli (44) mengatakan, sebagai pecinta batu akik, ia mengaku senang dapat saling bertemu dengan para pecinta batu akik lainnya. Hal itu, katanya, dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertukar informasi seputar batu akik.

“Keren acaranya, kita sebagai pecinta batu akik jadi merasa diperhatikan karena diberi wadah khusus untuk ngobrol-ngobrol soal batu akik ini,” ujarnya saat ditemui infonitas.com di lokasi acara, Minggu (30/7/2017).

Disampaikan Usman, sejak pertama kali diadakan, Festival Condet memang memberikan satu wadah khusus bagi para kolektor atau pecinta batu akik untuk bisa bersilaturahmi.

“Tadi juga ada sesi diskusi atau sekedar kopi darat di salah satu panggung, jadi pengunjung juga bisa tau seputar batu akik,” ungkapnya.

Sementara itu, kolektror batu akik lainnya, Edi Pilun (40) mengakatakan, Festival Condet ini harus terus dilakukan setiap tahunnya dan tetap menonjolkan budaya Betawi yang kental. Namun, ia harap festival yang dilakukan untuk memperingati Lebaran Betawi itu dapat mengangkat komunitas-komunitas lainnya.

“Ini sekarang udah ada batu akik, coba ke depan ada komunitas lenong, komunitas tari topeng betawi, ondel-ondel, pokoknya komunitas-komunitas khas Betawi biar lebih rame dan seru,” jelasnya.