Cibubur > Komunitas

Komunitas Kacamata Dongeng Sebarkan “Virus” Dongeng kepada Anak

Selasa, 10 Oktober 2017 09:22 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Komunitas Kacamata Dongeng
Komunitas Kacamata Dongeng
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Kehadiran Komunitas Kacamata Dongeng menjadi jalan dalam menghidupkan kembali aktivitas mendongeng yang sudah jarang dilakukan orangtua kepada buah hati

CIBUBUR - Misinya mulia yakni mengembangkan kecerdasan anak melalui kegiatan yang menyenangkan di lingkungan sekitar. Komunitas ini rutin menggelar dongeng bersama bagi masyarakat di daerah Ciangsana, Desa Nagrak, Kabupaten Bogor dan warga Perumahan Kota Wisata, Cibubur.

Komunitas Kacamata Dongeng berdiri atas inisiasi Ayah Andri, Kak Dina dan Kak Neta. Bukan tanpa sebab, komunitas ini hadir. Salah satunya menyebarkan ilmu yang didapat semasa mengikuti pelatihan mendongeng.

“Kegiatan dongeng yang rutin digelar sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kami setelah menyelesaikan pelatihan dongeng di Kompas Gramedia yang diselenggarakan oleh Manajemen Dongeng Inspiratif (MDI)," ujar Inisiator Komunitas Kacamata Dongeng Ayah Andri.

Menurutnya, kegiatan dongeng memberikan banyak manfaat bagi anak seperti mengembangkan imajinasi, meningkatkan keterampilan berbahasa, membangun kecerdasan emosional, membentuk empati dan meningkatkan minat baca.

Saat ini, komunitas ini rutin mendongeng di Taman Pelangi, Kota Wisata, Cibubur. Selain anak-anak, orangtua yang mengantarkan buah hati turut larut dalam kisah-kisah dongeng yang dibacakan oleh Ayah Andri dan kawan-kawan.

Dikatakan Andri, saat ini di kawasan Cibubur belum ada komunitas sejenis berdiri. Kehadiran Komunitas Kacamata Dongeng diharapkan menjadi jalan dalam menghidupkan kembali aktivitas mendongeng yang sudah jarang dilakukan orangtua kepada buah hati.

Selain itu kata dia, mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kecerdasan anak melalui kegiatan yang menyenangkan. “Kami berharap komunitas ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, Komunitas Kacamata Dongeng memberi kesempatan kepada siapa saja yang berminat menjadi relawan. Kehadiran relawan sangat membantu menyebarkan “virus” mendongeng kepada anak-anak.