Cibubur > Komunitas

Komunitas Ini Berskala Nasional dan Internasional

Rabu, 01 Februari 2017 16:12 WIB
Editor : | Reporter : Ronald Tanoso

AXS Member Bogor
AXS Member Bogor
Foto : Lulus Nurhadi

Share this








Info Komunitas - Teknologi multimedia membawa manfaat positif bagi sebagian kalangan. Salah satunya yang terus dimanfaatkan oleh komunitas pencinta otomotif ini. Komunitas Avanza Xenia Solutions (AXS) Member Bogor.

Komunitas ini terbentuk dari sekumpulan orang saja. Mereka secara sukarela berbagi ilmu tentang segala permasalahan mobilnya. Lambat laun, dari obrolan ringan tersebut, terbesit membuat sebuah komunitas. Sekaligus, soal logo disepakati saat itu juga. Komunitas ini secara resmi berdiri pada 17 Agustus 2015.

“Waktu pertama kali, anggota kita terdiri dari beberapa orang (member) saja. Seiring berjalan waktu dan sosialisasi, kini anggota kita sudah mencapai 21.000 member secara nasional,” ujar Taufik Abbas, salah satu pengurus AXS Member Bogor. Sedangkan jumlah member di Bogor mencapai 257 member. Mereka rutin kopdar (kopi darat).

Taufik Abbas atau akrab disapa Kubil mengatakan, komunitas ini independen. Dikelola secara bersama, tanpa ada ketua umum. Meski demikian, komunitas ini cukup rapi dan terorganisasi dengan sangat baik. “Secara umum, ketua komunitas dikelola secara bersama dan semua keputusan diambil secara musyawarah,” timpalnya.

“Sesuai dengan moto komunitas kita ini yaitu, independent we stand. Terpenting adalah kopi darat (kopdar) untuk silaturahmi dan berbagi ilmu seputar masalah mobil agar keguyuban member terus terjaga,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk terus mempererat rasa kebersamaannya, komunitas ini kerap melakukan kopdar. Kopdar setiap malam Minggu di bilangan Puri Cikeas, Harvest City, Kota Wisata, kadang di Sentul City dan Pemda Bogor. Kini, anggota komunitas sudah sudah menyebar. Bukan hanya secara nasional, juga internasional. Tercatat beberapa anggota ada yang terdapat di luar negeri. Seperti di Arab Saudi, Malaysia, Singapura dan Thailand. 

Sementara itu, untuk perekrutan anggota komunitas, Kubil mengatakan, AXS ini tidak terlalu memberatkan anggota baru yang ingin ikut bergabung. “Gabung di AXS nyaris tanpa syarat, hanya tergabung di facebook dan ditempel stiker AXS di mobil. Ya, intinya punya mobil jenis Avanza atau Xenia saja,” ujarnya.

Selain melakukan kegiatan rutin seperti kopdar, komunitas ini kerap melakukan kegiatan sosial. Seperti bakti sosial ke panti asuhan di bulan Ramadan. Kegiatan peduli lingkungan dengan mengedukasi pembuatan lubang biopori. Emergensi kendaraan member yang kena musibah.