Rabu, 02 Mei 2018 12:58:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Ronald Tanoso
Alumni Jamnas Pramuka 1986 Kumpul Lagi di Cibubur
Alumni Jamnas Pramuka 1986 bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault
Foto : Ronald Tanoso
 

CIBUBUR - Ratusan alumni Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka tahun 1986 kembali berkumpul di Cibubur. Setelah hampir 32 tahun lamanya tidak pernah bertemu, akhirnya pada Sabtu (28/4) pekan lalu mereka menggelar reuni.

Dengan mengangkat tema "Reuni Nasional Alumni Jambore Nasional 1986 : Satu Utuh Ceria Berkarya", kegiatan ini dilaksanakan di Aula Cut Mutia, Bumi Perkemahan Cibubur.

​Ketua Panitia Reuni, Ivan Irawan mengatakan reuni berawal dari grup di media sosial yang dibuat oleh beberapa alumni Jamnas 1986. Seiring waktu, anggota grup kian bertambah dari berbagai kontingen. Akhirnya, sekitar enam bulan lalu beberapa anggota melakukan kopi darat, dan disepakati untuk membuat acara reuni.

“Kami sebelumnya tidak pernah ketemu, mungkin juga tidak saling kenal, tapi kangen. Kita seperti saudara. Ini yang aneh, ini yang luar biasa,” tandas pria yang akrab disapa Kak Ivan sekaligus ketua panitia reuni.

Tidak hanya sekadar kumpul-kumpul, sekitar 200 alumni yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini juga berencana akan membentuk yayasan sosial.

“Selain kangen-kangenan, kami juga akan menggelar Munas di acara ini. Dalam Munas nantinya kami akan membentuk yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan,” tuturnya.

Nantinya, yayasan akan membawahi organisasi ekonomi sejenis koperasi. Selain itu, yayasan juga dipergunakan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama Pramuka di daerah-daerah. Dipastikan, yayasan ini tidak berorientasi politik.

“Jadi murni sosial kemasyarakatan, dan sinergi dengan kepramukaan. Sebagai contoh, beberapa anggota kami punya kemampuan untuk membina UKM atau adik-adik dan kakak-kakak yang masih aktif di kepramukaan. Yayasan ini bisa digunakan untuk membantu mengembangkan Kwarcab-Kwarcab untuk kembangkan kompetensi yang ada,” tegasnya.

Sementara, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault yang juga turut ​hadir sebagai tamu undangan dalam acara itu mengungkapkan, dia terharu dengan kehadiran para alumni Jamnas 1986 di Cibubur. Pasalnya, meski Jambore tersebut sudah berlalu puluhan tahun, namun jiwa Pramuka mereka masih tetap ada.

“Saya terharu. Mudah-mudahan ke depan lebih besar lagi jumlahnya,” ungkapnya.

Menurut Adhyaksa, kegiatan seperti Jambore Nasional memang akan membuat pesertanya terkesan seumur hidup. Pasalnya, kegiatan-kegiatan perkemahan di Gerakan Pramuka memang sarat dengan pendidikan.

​“Saya ingin mengatakan, kenangan itu lebih indah daripada saat terjadi,” pungkasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda