Cibubur > Kesehatan

Ssttt,, Rupanya Menguap Bisa Menular Loh

Jumat, 08 September 2017 20:30 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : DBS

Ilustrasi menguap. (Ist)
Ilustrasi menguap. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Periset dari University of Nottingham, Inggris mengungkapkan bahwa kemampuan seseorang untuk menolak menguap saat orang lain menguap sangat terbatas.

CIBUBUR – Saat seseorang diserang rasa kantuk, biasanya akan menguap. Namun apakah Anda menyadari bahwa ketika seseorang menguap di dekat kita akan melakukan hal yang sama pula?

Periset dari University of Nottingham, Inggris mengungkapkan bahwa kemampuan seseorang untuk menolak menguap saat orang lain menguap sangat terbatas. Bahkan, Tidak peduli seberapa keras mencoba untuk menahan menguap. Dengan kata lain, menguap bisa menular kepada orang lain.

Mungkin akan mengubah bagaimana cara kita menguap, tapi tidak dapat menghalangi kecenderungan kita untuk melakukannya,” ujarnya, seperti melansir Okezone.com, Jumat (8/9)

Hal tersebut dipertegas dengan sebuah laporan penelitian yang dilakukan Profesor Stephen Jackson. Menurutnya, menguap yang menular adalah bentuk umum dari echophenomena, yakni diumpamakan seperti seseorang otomatis meniru kata-kata atau tindakan orang lain.

Studi tersebut menunjukkan bahwa kecenderungan manusia untuk menguap lalu menular dipicu secara otomatis oleh refleks primitif di korteks motor utama area otak yang berfungsi sebagai fungsi motorik.

"Temuan ini mungkin sangat penting dalam memahami hubungan antara rangsangan motor dan terjadinya echophenomena dalam berbagai kondisi klinis yang terkait dengan peningkatan rangsangan korteks dan penurunan penghambatan fisiologis, seperti epilepsi, demensia, autisme dan sindrom Tourette," jelas Profesor Jackson yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Timesofindia.