Minggu, 28 Oktober 2018 09:36:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Mengenal Osteoarthritis Atau Pengapuran Sendi
dr. Harjanto Effendi, Sp.OT.
Foto : Dwi Prastyo
 

BEKASI – Dalam keseharian, kita sering mendengar istilah pengapuran sendi, dimana seseorang sering merasa nyeri hingga kaku pada bagian persendiannya. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan Osteoarthritis, kondisi yang sering terjadi ketika sendi tulang rawan mulai menipis dan jenis dari peradangan sendi.

"Osteoarthritis dapat terjadi disemua sendi ditubuh manusia, namun paling sering terjadi di sendi-sendi yang berfungsi untuk menopang berat badan, seperti sendi panggul dan terutama sendi lutut. Ketika Osteoarthritis terjadi maka muncul rasa nyeri, kaku, dan akhirnya berujung kepada ketidakmampuan pasien untuk bebas beraktivitas, seperti berjalan, mengangkat beban berlebihan dan kegiatan fisik sehari-hari lainnya," jelas dr. Harjanto Effendi, Sp.OT, Spesialis Bedah Orthopedi dan Traumatologi pada RS Mitra Keluarga Cibubur, Jumat (26/10).

Lebih jauh ia menerangkan, ada beberapa penyebab terjadinya nyeri sendi atau pengapuran sendi. Kebanyakan terjadi karena faktor usia, namun bisa juga disebabkan hal lain, misalnya pernah mengalami cidera. “Untuk range usia penderita pengapuran sendiri, umumnya terjadi pada usia 50-55 tahun dan dominan penderitanya adalah ibu-ibu. Sementara, untuk laki-laki biasanya terjadi pada usia 60-65 tahun. Selain itu, Pengapuran Sendi Biasanya juga terjadi pada pasien yang pernah mengalami cidera atau patah tulang. Pemicu lain nyeri sendi adalah berat badan berlebih yang mempercepat proses pengapuran,” ungkapnya.

Hal berikutnya menurut dr. Harjanto yang bisa memicu terjadinya pengapuran adalah pekerjaan yang banyak menuntut penggunaan fisik, seperti mengangkat barang berat, sering naik-turun tangga atau berjalan jauh. “Ini juga bisa menjadi penyebabnya, dimana tulang rawan sendiri rusak karena beban pekerjaan berlebihan. Namun, ada juga faktor genetik yang bisa berperan dalam pengapuran,” tandasnya.

Dijelaskan olehnya, hingga saat ini belum ada pencegahan pasti terjadinya Pengapuran Sendi. Namun, beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain, menjaga gaya hidup sehat, berolahraga ringan dan menjaga berat tubuh ideal. “Perhatikan juga pola makan dengan gizi seimbang dan menjaga sendi agar tidak bekerja terlalu berat,” pungkasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda