Cibubur > Kesehatan

Dumolid Tidak Tergolong Narkotika

Rabu, 09 Agustus 2017 13:09 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Chandra Purnama

Dumolid
Dumolid
Foto : istimewa

Share this








Dumolid Nitrazepam adalah sejenis obat bagi penderita gangguan psikis. Oleh sebab itu, obat tersebut tidak tergolong Narkotika.

CIBUBUR - Dumolid Nitrazepam tiba-tiba saja menjadi perbincangan hangat di masyarakat luas. Obat keras tersebut mulai dipertanyakan, apakah masuk kategori narkotika atau hanya obat resmi yang sudah memenuhi standar pengobatan di Indonesia. 

Menurut Direktur Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur, Jakarta Timur, dr. Erie Dharma, Dumolid Nitrazepam adalah sejenis obat bagi penderita gangguan psikis. Oleh sebab itu, obat tersebut tidak tergolong Narkotika.

"Dumolid ini kan sebenarnya obat dari psikiatri. Dia tidak masuk dalam Narkotika. Dia obat psikotropika karena ada efek adiksinya," kata dia kepada wartawan, Rabu (9/8/2017).

Erie menjelaskan, apabila dikonsumsi secara benar dan teratur sesuai anjuran dokter maka dumolid dapat menguntungkan bagi penderita masalah psikis. Hanya saja penyalahgunaan obat tersebut bisa mengakibatkan efek ketagihan.

"Jadi ada efek yang menguntungkan, supaya anti cemas, supaya insomnya hilang. Tapi ada juga efek buruknya, adiksi. Karena itu harusnya dibawah kontrol dokter untuk berobat dua minggu. Jadi itu obat ya," tuntas Erie.

Nama obat Dumolid Nitrazepam menguak kepermukaan saat aktor terkenal Tora Sudiro kedapatan memiliki obat tersebut sebanyak 30 butir tanpa resep dokter. Bahkan, pihak Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan Tora sebagai tersangka kasus kepemilikan Narkoba.