Cibubur > Kesehatan

Bokong Sering Gatal, Ketahuilah Penyebabnya

Selasa, 12 September 2017 18:15 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : DBS

Ilustrasi. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Sering menggaruk area bokong karena gatal menandakan ada masalah kulit karena disebabkan oleh berbagai hal

CIBUBUR – Kebiasan menggaruk bokong yang dilakukan secara tidak sengaja menjadi hal memalukan apabila dilakukan di tempat umum. Bisa-bisa Anda “tengsin”, saat ada orang yang memperhatikannya.

Nah, apabila Anda mengalami hal tersebut, ini bukan sekedar kebiasaan. Tetapi menandakan adanya gangguan kesehatan dalam tubuh. Utamanya, masalah kulit yang menjadi kebiasan garuk-garuk bokong.

Berikut penyebab kenapa bokong Anda sering gatal :

1. Jarang Mandi

Kebersihan sebagian daripada iman. Artinya, saat kondisi tubuh seseorang jarang mandi, maka akan gampang terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

Jarang mandi juga membuat kulit akan mudah terpapar bakteri. Juga jangan lupamengganti celana dalam setiap  hari ya.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dipercaya mampu membuat kadar asam tubuh meningkat. Kalau kadar asam sudah tinggi, maka dengan mudah tubuh untuk merasa gatal. Selain makanan pedas, mengkonsumsi tomat dan kopi berlebih juga bisa memicu gatal di pantat.

3. Infeksi Jamur

Usai mandi, sebaiknya bersihkan seluruh anggota badan dengan handuk kering. Khususnya area di sekitar bokong. Pasalnya .infeksi jamur dapat tumbuh subur di pantat dalam kondisi lembab.

4. Cacing Kremi

Masalah keberadaan cacing kremi juga bisa jadi penyebab gatal di pantat. Tapi ini terbilang kondisi yang cukup ekstrim. Cacing kremi berukuran kecil seperti benang dan berwarna putih biasanya ada di anus dan pantat.

5. Herpes

Penyakit ini merupakan infeksi virus yang dapat menyebabkan sensasi gatal di daerah anus. Masalah ini bisa timbul jika memang kekebalan tubuh Anda tidak baik dan akhirnya gatal di pantat bisa terjadi karena masalah ini.