Senin, 28 Mei 2018 10:28:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Sayangianak.com
Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa
 

Bunda, memiliki karakter buah hati yang nakal dan susah diatur memang membuat penat kepala. Bahkan, sebagai orangtua merasa jengkel dan melibatkan emosi ketika menghadapi mereka. Lantas, bagaimana mendidik karakter anak sehingga menjadi penurut dan mudah diatur ?

Melansir dari Sayangianak.com, Senin (28/5), berikut tips mendidik anak berkarakter nakal dan sudah diatur :

  1. Lakukan pendekatan kepada anak

Memiliki anak susah diatur dan nakal sebaiknya jangan dihadapi dengan cara kekerasan dan emosional. Sebab, cara ini tidak akan menyelesaikan masalah. Sebaiknya, gunakan cara kelembutan dan ketegasan kepada anak.

Contohnya, ketika sang anak meminta dibelikan mainan yang harganya mahal maka anda bisa menolaknya dengan lembut. Katakan tidak dan beri penjelasan yang logis agar dimengerti. Bisa juga, dengan mengalihkan perhatian anak apabila terus merengek.

  1. Tunjukan tekad yang kuat kepada anak

Selain harus menjaga konsistensi, orangtua harus memiliki tekad kuat dalam menghadapi anak berkarakter nakal. Contohnya, ketika si kecil sedang bertengkar hebat dan anda sebagai orangtua sulit melerainya, maka tunjukan tekad kuat dalam menghadapinya. Cara ini sangat efektif untuk menjauhkan mereka dari hal-hal buruk ke depannya.

  1. Buat peraturan khusus kepada anak

Buatlah peraturan khusus yang sebelumnya telah dibicarakan terlebih dahulu dengan anak-anak. Peraturan yang anda buat harus memiliki konskuensi supaya mereka dapat berusaha menghindari perbuatan nakal tersebut.

Semakin anda sabar maka anak-anak akan semakin mudah untuk dikendalikan. Jangan lupa untuk selalu memberlakukan peraturan yang sudah anda buat supaya anak dapat mengingat batasannya. Selain itu, anda harus selalu memberikan anak penghargaan pada saat melakukan hal baik seperti memberi pujian.

  1. Jangan terlalu memanjakan

Tentu kita tahu bahwa sikap memanjakan buah hati yang ditanamkan sejak dini akan berpengaruh buruk bagi perkembangan anak. Hal itu akan mengakibatkan anak menjadi terbiasa dengan jalan yang mudah ketika ingin mendapatkan sesuatu.

Hal tersebut akan terlihat ketika keinginannya tidak terpenuhi, maka dia akan menunjukan sikap yang membangkang kepada anda sebagai orangtua. Maka dari itu, anda jangan memanjakan tetapi perlakukanlah dia dengan baik dan sewajarnya saja.

  1. Jangan berikan label buruk

Ketika anak nakal dan bandel, maka anda sebagai orangtua janganlah sekali-kali memberikan label yang buruk pada mereka. Sebagai contoh, ‘kamu anak yang nakal, bandel, atau susah diatur’.

Pasalnya, pemberian label itu akan menjadikan anak semakin nakal. Mereka bisa beranggapan bahwa sifat nakal yang dimiliki adalah karakter sehingga akan menyusahkan anda sebagai orangtua untuk mendidiknya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda