Cengkareng > Laporan Utama

Bank Sampah di Cengkareng Jadi yang Terbesar di Jakbar

Kamis, 16 Maret 2017 17:56 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Wahyu Muntinanto

Ilustrasi Bank Sampah
Ilustrasi Bank Sampah
Foto : istimewa

Share this

0





0

Jakarta Barat Punya 85 Bank Sampah. Dari jumlah tersebut, bank sampah di Kelurahan Cengkareng Barat jadi salah satu yang terbesar.

CENGKARENG - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat terus berupaya memperbanyak bank sampah di wilayahnya. Hal ini sesuai dengan instruksi gubernur DKI Jakarta No. 157 tahun 2015 tetang bank sampah, yang menyebut setiap RW di wilayah DKI Jakarta harus memiliki bank sampah.

Salah satu bank sampah induk yang di miliki Pemkot Jakbar berada di lingkungan komplek kebersihan RW 05, jalan Bambu Larangan, Kelurahan Cengkareng Barat.

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan, bank sampah induk tersebut hanya menampung sampah non organik seperti gelas plastik, kertas, kardus, besi dan lainya.

"Saat ini kami mempunyai 85 bank sampah yang berada di Jakarta Barat. Jumlah bank sampah ini akan kita perbanyak lagi," ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (16/3/2017).

Edy menuturkan, jika penambahan jumlah bank sampah terwujud, maka akan mengurangi volume sampah dari sumbernya.

Terkait dengan 85 bank sampah yang sudah ada, Pemkot Jakbar mengaku memperoleh omset Rp 500 miliar pada periode Januari - Desember 2016.

"Dengan gencar, kami terus melakukan sosialisasi mengenai pembuatan bank sampah di wilayah, termasuk lingkungan sekolah," pungkasnya