Cengkareng > Komunitas

Komunitas JACCO, Yang Tua Membimbing yang Muda

Rabu, 14 Desember 2016 14:52 WIB
Editor : | Reporter :

Komunitas JACCO
Komunitas JACCO
Foto : istimewa

Share this





Komunitas - Jakarta Children Community (JACCO) berlokasi di Gading Arcadia Sport Club, Perum Gading Arcadia, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ratnaganadi, Artistic Director JACCO, menjelaskan komunitas ini merupakan embrio dari Satu Kata Indonesia dan anak organisasi Yayasan Peduli Pendidikan AnakIndigo (YPPAI), yang memberikan perhatian ke arah performing art. Kehadiran JACCO, sambungnya, dimulai pada 2010, tapi belum memiliki nama. Pada 2015, semua pengurus dan pengurus sepakat menggunakan nama JACCO.

Langkah yang dilakukan setelah memiliki nama adalah mengikuti seleksi 14th World Festival of Children’s Theatre (WFCT) di Ontario, Kanada. Tim JACCO mengirimkan contoh produksi berupa foto, video, sinopsis. “Bersyukur dari 80 negara yang mengikuti seleksi tersebut, JACCO menjadi salah satu dari 20 negara terpilih,” ungkapnya.

Alika Chandra, pembina JACCO, menambahkan anggota komunitas merupakan anak-anak yang terpilih melalui audisi bakat performing art di berbagai sekolah di Jakarta, khususnya Jakarta Utara. “JACCO berdiri dengan sebuah konsep, yang tua membimbing anak muda. Penggambungan antara yang senior dengan pemula. Kami menggalang supaya anak muda mengetahui budaya bangsa.  Mereka berbakat, maka akan kami gali terus,” tuturnya.

Setelah sukses menggelar pertunjukan teater berjudul Cindelaras di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) pada 22 Mei 2016 dan mengikuti 14th World Festival of Children’s Theatre (WFCT) membuat JACCO mendapat undangan resmi dari Kementerian Kebudayaan Tiongkok untuk melakukan pertunjukan pada September 2016.