Bogor > Profil

Sutirahayu Hadi Sumarto, Tekad Berbisnis

Rabu, 15 Maret 2017 09:00 WIB
Editor : | Sumber : Dok. Majalah Info Bogor

Sutirahayu Hadi Sumarto
Sutirahayu Hadi Sumarto
Foto : istimewa

Share this








“Saya tidak punya basic, tapi punya tekad”

Info Eksekutif - Perempuan kelahiran Yogyakarta, 27 Juli 1969 ini tidak pernah sekolah bisnis. Ia juga tidak punya pengalaman berwirausaha, dan bukan lahir dari keluarga pengusaha. Tapi, ia sukses mengembangkan bisnis kuliner dengan brand Kedai Soto Ibu Rahayu. Hebatnya, kesuksesan tersebut ia raih pada bisnis perdananya.

“Memang saya tidak memiliki basic (berbisnis). Tapi, saya punya tekad. Hal inilah yang membuat saya tidak canggung untuk memulai dan menjalankan bisnis. Malah setelah mencoba, tekad ini membuat saya makin tertantang dan ketagihan untuk berwirausaha,” uangkap perempuan yang akrab disapa Rahayu tersebut.

Saat memulai usaha, ibu dua anak ini bercerita bahwa bisnisnya ia mulai dari nol. Mulai dari survei pasar sampai dengan belanja keperluan usaha, semua ia lakukan seorang diri. Kebiasaan ini terus berlanjut sampai usahanya besar seperti sekarang. Bahkan kini, pekerjaannya makin bertambah karena ia memutuskan untuk turun ke dapur dan mengontrol menu makanan yang disajikan kedainya.

“Menurut saya, terlibat langsung di dapur merupakan hal penting bagi pengusaha di bidang kuliner. Soalnya, inovasi dalam sektor usaha ini lahir di dapur. Inilah yang membuat saya memutuskan untuk terjun langsung guna mengontrol menu-menu yang akan disajikan kepada para pelanggan,” beber Rahayu.

Saat ditanya lebih jauh tentang inovasi, Rahayu bilang bahwa ini merupakan harga mati. Makanya ia tidak berhenti melakukan survei pasar, mengikuti perkembangan zaman dan tren kuliner, serta berdiskusi dengan para chef di dapur. Upaya-upaya yang dilakukan Rahayu ini kemudian terbukti dengan makin banyaknya menu soto serta berkembangnya bisnis Kedai Soto Ibu Rahayu.