Bogor > Laporan Utama

Serapan Anggaran Triwulan III Kota Bogor Rendah Hanya 38,6 Persen

Rabu, 13 September 2017 09:43 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : M Nashrudin Albaany

Serapan Anggaran Triwulan III Kota Bogor Rendah Hanya 38,6 Persen
Rapat membahas penyerapan anggaran Kota Bogor oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this








Sekretaris Daerah Kota Bogor mengumpulkan jajarannya di Balai Kota membahas serapan anggaran Kota Bogor yang rendah hanya sekitar 38,6 persen.

BOGOR - Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengumpulkan seluruh stafnya di Balai Kota Bogor. Daya serap anggaran Kota Bogor yang masih rendah hanya mencapai 38,6 persen di triwulan III. 

Ade meminta kepada seluruh jajarannya untuk memperhatikan secara serius mengenai daya serap anggaran yang minim ini. Terutama kepada para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), hingga camat se-Kota Bogor.

"Hingga Agustus, serapan kita baru 38,60 persen atau sekitar Rp 481 miliar. Ini harus jadi perhatian serius bagi seluruh perangkat daerah. Karena hingga kini belum semua dinas menyerahkan Rencana Umum Pengadaan (RUP)," kata Ade, Selasa (12/9/2017).

Dengan tegas Ade pun meminta agar Oktober mendatang, para SKPD bisa memberi kepastian serapan anggaran secara maksimal. Sebab jika tidak, dikhawatirkan sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tidak membengkak.

Lebih lanjut, pada 2017 ini Pemkot Bogor memiliki porsi belanja daerah hingga Rp 2,2 triliun. Namun, dalam RAPBD Perubahan, porsi itu bertambah 13,74 persen menjadi Rp 2,56 triliun. 

"Di perubahan, kita targetkan Silpa itu 5 persen atau Rp 100 miliar. Makanya kita terus genjot. Ada 10 SKPD yang serapan buruk, tapi tidak sebutkan dan 10 SKPD itu memberi kepastian Oktober nanti," beber Ade.

Jika dirinci, porsi belanja daerah terbagi menjadi belanja langsung Rp 1,2 triliun pada APBD murni dan naik hingga Rp 1,4 triliun dalam RAPBD 2017. Sementara belanja tidak langsung sekitar Rp 1,43 triliun.