Bogor > Laporan Utama

Sekolah di Bogor Boleh Pungut Sumbangan Pendidikan

Kamis, 10 Agustus 2017 13:24 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi tolak komersialisasi pendidikan.
Ilustrasi tolak komersialisasi pendidikan.
Foto : istimewa

Share this








Pungutan sumbangan pendidikan di Kota Bogor yang dilakukan oleh sekolah harus melalui tahapan musyawarah antara sekola dengan orang tua murid.

BOGOR  - Sekolah di kota bogor boleh memungut sumbangan pendidikan, walaupun dikeluhkan orang tua siswa. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, H Fahrudin yang mengatakan pihak sekolah diperbolehkan memungut sumbangan pendidikan kepada orang tua siswa. Namun, orang tua siswa tidak diwajibkan memberikan sumbangan. Artinya pungutan sumbangan tersebut sifatnya sukarela.

“Sekolah boleh menyampaikan harapannya kepada orang tua siswa. Tapi, jika orang tua tidak mau jangan dipaksa nanti tidak barokah,” ujar Fahrudin, kamis 910/8/2017).

Dia menjelaskan, setiap pemungutan yang dilakukan harus melalui tahap musyawarah antara pihak sekolah dengan orang tua siswa sehingga tidak ada unsur pemaksaan.

“Tentunya harus melalui musyawarah dengan orang tua siswanya sendiri,” katanya.

Ia menegaskan, pemungutan iuran SPP tidak dipermasalahkan asal dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah memang tidak mencukupi.

“Kalau ada sekolah yang memungut biaya tanpa kesepakatan dengan orang tua siswa akan diberi sanksi,” pungkasnya.