Bogor > Laporan Utama

Masjid Imam Ahmad Bin Hambal

Pemkot Bogor Harus Segera Mediasi Soal IMB Masjid Imam Ahmad

Selasa, 12 September 2017 14:15 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Nasarudin Albaany

media conference FUI Kota Bogor
Konferensi Pers FUI Bogor Raya terkait IMB Masjid Imam Ahmad bin Hambal.
Foto : Nasarudin Albaany

Share this








FUI ingin Bima Arya segera adakan mediasi terkait IMB Masjid Imam Ahmad bin Hambal yang sempat beku.

BOGOR-Kebijakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang membekukan izin mendirikan bangunan (IMB) Masjid Imam Ahmad Bin Hambal menjadi polemik di masyarakat. Ada yang mendukung, ada pula yang memprotes.

"Persoalan masjid ini sudah menjadi persoalan bersama, bukan hanya umat Islam di Bogor. Maka perlu dicarikan solusi yang terbaik agar masjid itu bisa dibangun dan digunakan sebagaimana fungsinya," ujar Ketua Dewan Suro Forum Umat Islam (FUI) Bogor Raya, KH. Muktarom.

FUI juga meminta kepada Pemkot Bogor untuk mengundang para pihak yang berkompeten untuk duduk bersama melakukan tabayyun.

"Tapi, kalau dalam tabayyun nanti tidak ada titik temu, maka pemerintah harus bersikap tegas dengan mengambil alih pembangunan masjid dan dikembalikan fungsinya ke masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua FUI Bogor Raya KH. Hasri Harahap mengatakan bahwa sebelum permasalahan ini mencuat ke publik, pihak FUI telah berdiskusi di Kesbangpol Kota Bogor dan menyampaikan persoalan seperti ini juga pernah terjadi di Bekasi.

"Dulu di Bekasi persoalannya sama dan pada akhirnya diambil alih oleh pemerintah. Jadi, ada baiknya Pemkot Bogor pun mengambil alih pembangunan masjid tersebut," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya telah membekukan IMB Masjid Imam bin Hambal, setelah mendapat desakan dari warga yang menggelar aksi di Balaikota beberapa waktu lalu.