Bogor > Laporan Utama

Pemkot Bogor Gagas Program Orang Tua Asuh Anjal

Jumat, 27 Oktober 2017 19:00 WIB
Editor : Galih Pratama | Reporter : Arimbi M

Ilustrasi anjal di kawasan Bogor.
Ilustrasi anjal di kawasan Bogor.
Foto : istimewa

Share this








Program orang tua asuh anjal jadi cara tersendiri Pemkot Bogor dalam menangani dan memperhatikan anjal di Bogor.

BOGOR - Salah satu program Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menangani dan memperhatikan anak jalanan (anjal), yaitu dengan program orang tua asuh yang  berasal dari Kepala Organisaai Daerah (OPD).

Bima Arya, Wali Kota Bogor mengatakan, semua anjal akan diperhatikan dan menjadi anak asuh dari para pejabat eselon dua. “Nanti akan diatur sistemnya dan diundang perwakilan anak jalanannya. Saya akan ambil dua sampai lima anak. Ini bukan soal anak jalanan, tapi soal perhatiannya,”katanya.

Menanggapi rencana tersebut, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor Azrin Syamsudin mengatakan, dinsos akan menyiapkan data semua anjal yang ada di Kota Bogor.

“Sebelumnya sudah ada 195 anjal yang terdata di Dinsos. Ditambah dengan data terbaru saat sidak ada 128 anjal. Kedua data tersebut akan di singkronkan dan dilihat mana yang bisa menjadi anak asuh,” kata Azrin.

Nantinya, anak-anak tesebut akan diseleksi lagi untuk dimasukan ke pendidikan formal atau informal, yang lokasi sekolahnya dekat dengan rumah.

Anak-anak yang diasuh orang tua asuh ini juga akan dibuatkan perjanjian komitmen agar tidak kembali lagi ke jalanan dengan alasan mencari nafkah.

“Selain karena terkait keamanan dan ketertiban setiap anak usia sekolah memang harus sekolah,” katanya.

Lanjut Azrin, pihaknya juga akan bersinergi dengan OPD terkait untuk memberikan berbagai pelatihan kepada anjal yang berada di usia produktif. Mulai dari pelatihan salon, bengkel, UMKM dan lainnya.

“Dinsos sendiri akan fokusnya lebih banyak kepada rehabilitasi, pembinaan dan pemberdayaan anjal,” pungkas Azrin.