Bogor > Laporan Utama

IMB Masjid Imam Ahmad Bin Hambal

MUI Pusat Soroti Kebijakan Pemkot Bogor Bekukan IMB Masjid Imam Hambal

Senin, 11 September 2017 12:00 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Nasarudin Albaany

pembekuan IMB masjid Imam Hambal
Progres Masjid Imam Hambal yang sedang dibekukan IMB-nya oleh Pemkot Bogor.
Foto : Nasarudin Albaany

Share this








Ketua MUI Pusat, KH Ma'ruf Amin menyayangkan keputusan Pemkot Bogor yang membekukan izin pembangunan masjid.

BOGOR - Kebijakan Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang membekukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Masjid Imam Ahmad Bin Hambal, terus menuai kecaman. Kali ini, sorotan tajam datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

"Kalau misalnya ada masyarakat bersikap kurang baik menghantam atau menekan walikota, itukan sikap intoleran, jadi memang harus dicegah dan harus diperingatkan,"ujar Katua MUI Pusat KH Ma’aruf Amin saat dihubungi www.infonitas.com.

Namun, lanjut Ma'ruf, bila memang hal tersebut masih belum bisa diselesaikan dan beberapa pihak masih juga bersikap intoleran. Ia meminta agar dihentikan dulu sementara.  Lebih jauh, Ma'ruf menilai, izin pembangunan tempat ibadah tersebut sudah berjalan lama dan permasalahan hanya ada saat pihak pengelola berniat memperluas bangunan masjid yang sudah ada.

"Jadi kenapa baru sekarang dipermasalahkan, ini kan aneh. Jangan digunakan untuk momentum tahun politik nanti guna kepentingan pribadi," tegasnya sembari berharap agar Pemkot Bogor bijak dalam mengambil keputusan terkait permasalahan ini. 

Sekedar catatan, IMB dibekukan karena permohonan dari warga. Setelah dibekukan, penyelesaian persoalan dari aspek teknis dan sosial dengan proses tayabun.

“Jika masalah tidak selesai, maka masjid tidak bisa beroperasi karena syarat utama dari Pemkot Bogor adalah masjid dibuka menjadi masjid Jami," pungkas Bima.