Bogor > Laporan Utama

LLI Canangkan Kota Bogor Ramah Lansia

Minggu, 06 Agustus 2017 11:50 WIB
Editor : Ivan | Reporter :

Ilustrasi lansia sedang melakukan senam bersama.
Foto : istimewa

Share this








Pencanangan Kota Bogor Ramah Lansia ini dilakukan LLI bersama Wali Kota Bogor di Lapangan Biotek, Balitro Cimanggu.

BOGOR - Memperingati Hari Lansia 2017 yang jatuh pada 29 Mei lalu, Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Bogor mencanangkan Kota Bogor Ramah Lansia. Pencanangan tersebut dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Kota Bogor Ramah Lansia oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, dalam gelaran Gebyar Lansia di Lapangan Biotek, Balitro Cimanggu, Kota Bogor, Sabtu (05/08/2017).

“Pencanganan ini sebenarnya sudah disuarakan sejak tahun 2009 lalu, namun baru hari ini kami bisa meminta Kang Bima untuk tanda tangan,” ujar Ketua LLI Kota Bogor Aisyah Wan Genie.

Ia menuturkan, piagam yang sudah ditandatangani Wali Kota ini nantinya akan diperbanyak untuk kemudian disebar ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Hal tersebut bertujuan agar setiap OPD dalam membuat program ataupun kebijakan tidak melupakan lansia. “Kami ingin Pemkot meningkatkan sinergitas program di lintas instansi yang pro kepada Kota Bogor Ramah Lansia,” katanya.

Ia memahami Pemerintah Kota Bogor memiliki keterbatasan dengan anggaran. Meski begitu, lanjut Aisyah, Pemerintah bisa melakukannya dari hal yang paling kecil. Semisal dengan menyediakan tempat antri khusus lansia, menyediakan pegangan besi di dalam toilet agar lansia tidak terpeleset, serta toilet duduk. “Itu kan tidak mahal, yang  terpenting komitmen dari Pemerintahnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini turut menyampaikan permintaanya kepada Pemerintah Kota Bogor untuk membangun sebuah Taman Lansia sebagai kado kepada Lansia di Kota Bogor. Menurutnya, Taman Lansia ini bisa menjadi tempat lansia dalam berinteraksi sosial. Pasalnya, Lansia sangat rawan dengan kesepian.“Taman yang ada tempat duduknya, dimana para lansia bisa saling berkumpul tidak hanya memulu mengasuh cucu,” terangnya.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya langsung menanggapi permintaan terkait taman. Diakhir sambutannya orang nomor satu di Kota Bogor tersebut menyampaikan rencananya tahun ini akan dibuat Taman Lansia di Malabar. “Insya Allah tahun ini akan dibangun Taman Lansia di Taman Malabar,”