Bogor > Laporan Utama

Koneksi Pipa PDAM Tirta Pakuan di Area Tol Bocimi Segera Dimulai.

Minggu, 29 Oktober 2017 20:51 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Nasarudin Albaany

Kegiatan koneksi Pipa PDAM di area pembangunan Tol Bocimi.
Kegiatan koneksi Pipa PDAM di area pembangunan Tol Bocimi.
Foto : Nasarudin Albaany

Share this








PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor umumkan koneksi pipa tahap II di area Tol Bocimi, Kampung Tengek, Desa Cimande, Kabupaten Bogor, segera dilaksanakan.

BOGOR. Hal ini menyusul adanya kesanggupan dari pihak pengembang tol, setelah pelaksanaannya sempat tertunda. Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Ade Syaban Maulana mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pengembang Tol Bocimi untuk memastikan waktu koneksi. Namun Ade menekankan agar eksekusi dilaksanakan pada hari Senin, sehingga tidak menggangu masyarakat.

"Sebisa mungkin harus hari Senin dan dimulai pukul 09.00 WIB. Bisa Senin besok bisa atau Senin minggu depannya. Ini untuk menjaga pelayanan di zona 1. Karena kalau hari Sabtu dan Minggu masih ada pekerjaan, kasihan pelanggan, mereka sedang ada di rumah," ujarnya, Minggu (29/10/2017).

Ade menjelaskan bahwa hingga saat ini batangan-batangan pipa sudah terpasang dan di setting out untuk pengujian tekanan air. Rencananya tim Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan PDAM akan menguji kehandalan pipa dengan mengisi air bertekanan tinggi pada sore ini.

Menurutnya, relokasi pipa di area pembangunan tol Bocimi merupakan upaya PDAM untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada pelanggan di wilayah zona 1. PDAM mendapatkan keuntungan dari relokasi tersebut, karena mendapatkan pipa baru jenis HDPE sepanjang 700 meter tanpa mengeluarkan kocek besar.

Selain relokasi pipa di area tol Bocimi, pihaknya juga sudah menjadwalkan relokasi pipa di daerah Bojong Koneng. Jadi PDAM akan mengganti pipa lama sepanjang 1080 meter di enam titik koneksi. Dua titik di Bocimi dan empat titik di Bojong Koneng. Rencananya, waktu pengerjaannya dilakukan serentak pada hari yang sama. Ade pun memastikan bahwa pasokan dari dari sumber mata air Tangkil hingga pelanggan ke zona 1 masih normal. 

“Distribusi masih normal sampai hari ini. Nanti kalau sudah dikerjakan (koneksi), baru aliran dari Tangkil kita matikan," pungkasnya.