Bogor > Laporan Utama

KNPI Kota Bogor 'Serang' PDAM Tirta Pakuan

Kamis, 12 Oktober 2017 11:19 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : M Nashrudin Albaany

Perbaikan pipa air bersih di Kota Bogor.
Perbaikan pipa air bersih di Kota Bogor.
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this








KNPI menilai gangguan air bersih di Kota Bogor kerap terjadi karena lemahnya manajerial di tubuh PDAM Tirta Pakuan.

BOGOR – Sejumlah daerah di Kota Bogor mengalami krisis air bersih akibat terjadinya gangguan pasokan air dari PDAM Tirta Pakuan dalam beberapa hari terakhir. PDAM mengklaim terjadi  kebocoran pipa di beberapa zona wilayah. Namun, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bogor Bagus Maulana Muhammad tidak sependapat. Menurut dia, itu hanya alasan saja.

"KNPI Kota Bogor selaku organisasi yang peduli akan kepentingan masyarakat merasa bahwa apa yang menjadi alasan PDAM tersebut sangat tidak relevan. Penyebab kelangkaan air bersih ini adalah persoalan teknis yang seharusnya dapat diantisipasi dengan baik," kata dia saat dihubungi, Rabu (11/10/2017).

Yang lebih tepat, gangguan pasokan air terjadi karena jajaran direksi PDAM kurang maksimal dalam membina karyawan, sehingga persoalan besar sulit untuk diatasi.

Atas dasar itulah, KNPI akan segera melayangkan gugatan terhadap PDAM ke Ombudsman RI.  "Kami juga mendesak wali kota Bogor mengevaluasi kerja direksi dan merombak manajemen di tubuh PDAM Tirta Pakuan," tuturnya.

Selain itu, kata Bagus, audit kinerja menyeluruh terhadap kinerja manajemen PDAM harus segera dilakukan terkait adanya gangguan pelayanan yang selama ini kerap terjadi.

Sementara saat hendak dikonfirmasi perihal rencana KNPI melayangkan gugatan ke Ombudsman RI, Direktur Utama PDAM, Deni Surya Senjaya enggan mengomentari hal tersebut. "Punten kang, saya sedang ada keperluan terlebih dahulu," singkatnya.