Bogor > Laporan Utama

Jalan Tol Sumbang Investasi Terbesar di Kota Bogor

Selasa, 10 Oktober 2017 17:40 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : M Nashrudin Albaany

pembangunan jalan tol Bocimi
Pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi akan selesai 2 tahun mendatang. (Foto: industri.bisnis.com)
Foto : istimewa

Share this








Sektor infrastuktur seperti pembangunan jalan tol Bogor Outer Ring Road dan Bogor-Ciawi-Sukabumi menjadi penyumbang terbesar investasi di Kota Bogor.

BOGOR - Masifnya pembangunan infrastruktur di Kota Bogor dinilai bisa menjadi investasi yang besar bagi Pemkot Bogor. Hal itu dikatakan Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Bogor Denny Mulyadi. 

Denny mengatakan dari target penanaman modal yang dipatok tahun ini Rp 2,3 triliun, saat ini sudah terealisasi Rp 3 triliun. "Kontribusi terbesar ada dari sektor infrastruktur pembangunan jalan tol yang ada di Kota Bogor, yakni hampir mencapai 70%," ujar Denny saat dihubungi, Selasa (10/10/2017).

Kendati begitu, Denny menerangkan bahwa secara keseluruhan ada sebagian investasi yang harus di verifikasi. Misalnya pada pembangunan jalan tol Bocimi, lantaran sebagian jalan ada yang masuk wilayah Kabupaten Bogor.

Sementara itu, investasi dari sektor properti, masih menunjukan angka dibawah 10%. Sebab, saat ini pengembang hanya melakukan pembangunan perumahan di lokasi yang sama, disamping memang kerena ketersediaan lahan perumahan di Kota Bogor.

Lain halnya untuk investasi dari sektor pembangunan pusat perbelanjaan dan hotel. Menurut data yang ada, investasi dari sektor ini hanya berada dibawah angka 1%. 

"Tapi tahun ini investasi cenderung naik diangka 10%. Salah satu faktor naik, karena Kota Bogor daerah penyangga ibukota Jakarta, sehingga setiap akhir pekan banyak orang datang untuk berlibur atapun sekedar mencari kuliner," tukas Denny.