Bogor > Laporan Utama

Harga Bawang Putih di Pasar Pakuan Bogor Turun

Jumat, 19 Mei 2017 16:23 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Sumber : dbs

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih
Foto : istimewa

Share this








Harga bawang putih dari pemerintah adalah Rp25 ribu per kilogram, namun sampai ke konsumen hingga Rp52 ribu per kilogram.

BOGOR - Harga bawang putih yang sempat tinggi, berangsur-angsur stabil. Kabag Humas PD Pasar Pakuan Jaya Sulhan Kelana mengatakan, harga bawang putih di tingkat konsumen mulai turun menjadi Rp 47 ribu per kilogram dari Rp 52 ribu per kilogram.

“Memang disetiap pasar harganya berbeda-beda, tergantung agen yang menjyalnya ke tingkat pengecer. Tapi perbedaannya tidak besar, berkisar Rp2000 - Rp1000 per kilogram," ucap Jaya Sulhan Kelana, Jumat (19/05/2017).

Dia menambahkan jika harga jual dari distributor ke agen cukup tinggi, yaitu Rp38 ribu perkilo gram, sehingga ke konsumen akan menjadi mahal hingga Rp52 ribu. "Saya sempat tanya ke agen di Pasar Kemang, dia beli ke distributor seharga Rp 38 ribu per kilogram," ujar Sulhan.

Lihatjuga : Kenaikan Harga Bawang Putih

Sedangkan harga yang ditetapkan pemerintah, adalah Rp25 ribu per kilogram. Meski begitu, PD Pasar tidak memiliki kewenangan untuk menekan harga. Tugas PD Pasar hanya mengawasi dan melaporkan ketika terjadi lonjakan maupun penurunan harga kebutuhan pokok.