Bogor > Laporan Utama

Eskavator Rusak, Petugas Kewalahan Angkut Sampah di Bogor

Senin, 20 November 2017 11:09 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Ronald Tanoso

Salah satu tumpukan sampah yang tak terangkut di wilayah Bogor
Salah satu tumpukan sampah yang tak terangkut di wilayah Bogor
Foto : Ronald Tanoso

Share this








Sampah yang banyak menumpuk itu belum maksimal diangkut oleh petugas kebersihan di bogor karena rusaknya alat eskavator.

BOGOR – Belasan titik tumpukan sampah di wilayah Kabupaten Bogor tak terangkut oleh petugas kebersihan. Akibatnya, bau sedap yang menyengat mengganggu pernapasan warga setempat.

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Atis Tardiana, mengakui terjadi penumpukan sampah di beberapa titik wilayah dalam sepekan terakhir.

Menurutnya, penumpukan sampah disebabkan karena rusaknya alat berat milik Pemerintah Kabupaten Bogor di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Galuga. Kerusakan inilah yang menyebabkan terganggunya pengangkutan sampah oleh truk yang akan masuk TPA Galuga. 

"Tiga alat eskavator di TPA Galuga semuanya rusak berat. Jadi, kami ada kendala selama tujuh hari ini. Kami tidak bisa buang sampah ke TPA sehingga terjadilah penumpukan sampah," kata Atis, melansir Radar Bogor, Sabtu (18/11/2017)

Namun begitu kata dia, petugas kebersihan dilapangan akan secepatnya membersihkan penumpukan sampah agar tidak mengganggu warga. sembari, memperbaiki alat eskavator yang rusak.

Perlu diketahui, hingga saat ini, Pemkab Bogor masih terus berupaya mengikis tumpukan sampah-sampah tersebut. Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup juga meminta bantuan pinjaman unit truk pengangkut sebanyak lima unit ke pihak lain.