Bogor > Laporan Utama

Di Cariu Bogor, Padi Tipe Baru Berhasil Dipanen

Kamis, 13 Juli 2017 11:45 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Panen raya di Cariu, Kabupaten Bogor
Panen raya di Cariu, Kabupaten Bogor
Foto : istimewa

Share this








Bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor dan gapoktani, Pemkab Bogor panen raya padi tipe baru yang mereka kembangkan.

BOGOR - Dalam rangka mendukung swasembada pangan melalui kegiatan Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Upsus Pajale), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan berkerjasama dengan Institut Pertanian Bogor, melakukan pengembangan padi varietas IPB 3S. Pengembangan padi tibe baru (PTB) ini berhasil dan sukses dipanen.

Panen raya PTB ini berlangsung di Gapoktan Cakra Buana, Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor. Unsur Muspida Kabupaten Bogor serta Rektor IPB Herry Suhardiyanto hadir dalam kegiatan tersebut.

Terkait keberhasilan pengembangan PTB dan panen raya ini, Bupati Bogor Nurhayanti mengaku senang dan mengapresiasi berbagai pihak yang telah terlibat, termasuk Gapoktan Cakrabuna.  Sebab, mereka telah berhasil melaksanakan kegiatan pengembangan penangkaran benih padi area seluas 15 hektar, dan mengembangkan kegiatan Upsus Pajale hingga dipanen.

“Kiranya keberhasilan ini mampu memotivasi kelompok tani lainnya untuk lebih gigih berusaha dalam meningkatkan produksi pertanian, dan mewujudkan ketahanan pangan dengan tetap memelihara kebersamaan," ujarnya.